Bayi sangat senang dengan gerakan. Banyak Ayah yang mempunyai cara tersendiri untuk menenangkan bayinya.

Di bawah ini adalah beberapa cara favorit Ayah untuk menenangkan bayi.

Berpikir terbuka dan menambah wawasan

Menenangkan bayi merupakan sebuah usaha yang membutuhkan eksperimen, tidak ada cara yang pasti. Jika semua cara sudah dicoba dan bayi Anda tetap tidak bisa tenang, ada kemungkinan bayi Anda mempunyai colic, yaitu rasa nyeri atau kram perut dikarenakan system pencernaan yang belum sempurna. Itu merupakan hal yang biasa terhadap bayi diantara umur 3 minggu sampai 3 bulan.

Coba untuk merasakan apa yang dirasakan bayi Anda

Berusahalah untuk mencari apa permasalahannya. Karena memutarkan lagu kesenangan bayi Anda tentu tidak akan mengenyangkan jika ternyata dia sedang lapar. Saat bayi Anda mulai tumbuh gigi, tentu saja mengganti popoknya saja tidak akan menenangkannya. Nasehat ini mungkin terdengar terlalu logis dan menggampangkan, tetapi percayalah saat bayi Anda terus-menerus menangis ketenangan Anda dalam berpikir juga akan terganggu.

Cobalah dengan jari kelingking

Jika Anda tidak yakin apa permasalahannya, cobalah keluarkan jari kelingking Anda dan coba masukkan ke dalam mulutnya. Caranya adalah memasukkan kelingking secara terbalik, sehingga kuku jari Anda tidak akan melukai rongga atas mulut bayi.

Ambilkan susu

Paling mudah, coba berikan ASI perah lewat feeder cup atau sendok.

Goyangkan bayi  

Bayi senang dengan gerakan. Coba letakkan bayi Ayah di dalam car seat-nya dan kemudian goyangkan. Hal ini sangat menyenangkan buat bayi dan juga kegiatan olahraga untuk Ayah, jika sering hasilnya akan terlihat pada triceps dan biceps Ayah.

Berdansalah

Letakkan bayi di bahu Ayah kemudian posisikan tangannya memutar di bagian depan leher Ayah. Mulailah berdansa secara perlahan, bergeraklah maju-mundur kemudian berputarlah perlahan. Ketuklah lantai dengan kaki Ayah sambil berdendang, tidak menjadi masalah Ayah mendendangkan lagu apa yang penting berulang-ulang dan sesuai ritme gerakan, kemudian secara perlahan pelankan suara Ayah saat bayi mulai tenang.

Asahlah kemampuan bergaya aneh Ayah

Jangan remehkan memasang muka badut, atau sekedar menjatuhkan bola dari atas kepala Ayah secara berulang-ulang sambil berkata “yah jatuh lagi!”. Ini merupakan saat yang tepat untuk mengeluarkan apapun talenta aneh Anda yang sudah sering Ayah keluarkan ketika masa kecil dulu.

Bernyanyilah

Bagi beberapa Ayah menyanyikan lagu-lagu favorit dapat membantu menenangkan bayi mereka, walaupun konten dari lagu tersebut bukanlah hal baik didengar anak seumur bayi Ayah, contoh Radiohead dengan Creep-nya. Ayah harus menghormati selera bayi Anda, bagi beberapa bayi lantunan lagu klasik dari Pavarotti baru dapat menenangkan mereka.

Gendong dan ajak jalan-jalan

Letakkan bayi di depan Ayah menggunakan front carrier. Hangatnya tubuh, detak jantung,tarikan dan hembusan nafas, serta pergerakan tubuh Ayah saat berjalan dapat membuat bayi nyaman dan menikmatinya.

Tunggu saja

Pasangan Ayah mungkin akan melihat ini adalah pendekatan “laki-laki”. Tapi terkadang sang bayi memang hanya ingin menangis saja, jika memang Ayah tidak dapat menemukan permasalahannya, coba diamkan terlebih dahulu bayi Ayah, paling tidak hingga sang Ibu bisa datang untuk memberikan bantuan.  

Source: http://www.babycenter.com/0_ten-dad-tested-ways-to-soothe-crying-baby_3691.bc?page=2          

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+