Dalam merencanakan kehamilan, sering kali kita melakukan tindakan yang tidak tepat.

Berikut 10 kesalahan utama yang bisa mama hindari:

1. Bercinta hanya di masa subur Mungkin mama mengira bisa "menabung" tetapi sesungguhnya sperma perlu dikeluarkan 5 hari sekali untuk menjaganya agar tetap segar.

2. Minum kopi Riset membuktikan dengan minum kopi akan mengurangi peluang hamil. Dokter menganjurkan untuk berhenti total mengkonsumsi kafein.

3. Tujuan bercinta hanya untuk punya anak Selain untuk hamil, alangkah baiknya mama menikmati seks itu sendiri untuk mencegah stress dan mengurangi tekanan.

4. Berhubungan dengan memakai lubricant Cairan ini dapat merusak sperma. Pastikan mama menggunakan lubricant yang aman bagi sperma (sperm-friendly).

5. Tidak bercinta dengan rutin Ibu tidak perlu bercinta setiap hari, namun bercinta dengan rutin dapat menaikkan peluang untuk hamil.

6. Berpikiran negatif Berpikir bahwa belum hamil adalah kesalahan mama merupakan hal yang sangat dihindari. Sebaiknya mama dan papa berkonsultasi ke dokter spesialis untuk mengetahui penyebab sebenarnya.

7. Terlalu banyak konsumsi vitamin C Vitamin C memang baik untuk tubuh, namun konsumsi terlalu banyak dapat mengakibatkan keringnya serviks.

8. Posisi yang sama terus menerus Ada baiknya mama dan papa mencoba posisi-posisi yang dipercaya bisa membantu kehamilan, hingga membuat aktivitas seks bisa menjadi lebih seru.

9. Menuruti anjuran tidak stress Dari sebelum hamil, mama menuruti perkataan orang-orang agar tidak stress yang akhirnya mama menjadi stress sendiri. Ubah afirmasi menjadi "lebih bahagia".

10. Menunggu terlalu lama untuk bertemu spesialis Apabila mama sudah berumur diatas 35 tahun dan belum hamil, tidak ada salahnya untuk menemui dokter spesialis untuk mengetahui penyebabnya hingga bisa ditangani lebih lanjut.  

Sumber:

- Beth Howard, The most common fertility mistakes you (and you doctor) could be making, Concieve Online

http://www.conceiveonline.com/articles/most-common-fertility-mistakes-you-and-your-doctor-could-be-making

- 5 "kesalahan" ingin cepat punya anak, AyahBunda Online

http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/prakonsepsi/tips/5.kesalahan.ingin.cepat.punya.anak/001/005/538/1/1

- Rizki Admanazida, 10 kesalahan bercinta yang mencegah kehamilan, Merdeka.com

http://www.merdeka.com/sehat/10-kesalahan-bercinta-yang-mencegah-kehamilan.html

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+