Di masa kehamilan, Ibu perlu banyak asupan makanan bergizi yang mengandung nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan si Kecil. Selain daging, ikan, kacang-kacangan, gandum dan buah-buahan, sayuran juga merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik untuk Ibu konsumsi tiap hari.

Brokoli

Dalam brokoli terdapat kandungan kromium, salah satu mineral penting yang memengaruhi perkembangan jaringan pembentuk organ tubuh janin. Di masa kehamilan, Ibu sebaiknya mengonsumsi satu mangkuk brokoli rebus yang mengandung 22 mcg kromium untuk memenuhi kebutuhan kromium harian. Selain kromium, brokoli juga mengandung vitamin K dan kalsium tinggi yang penting untuk pembentukan tulang si Kecil dan melindungi sistem sarafnya.

Bayam

Bayam biasanya menjadi sayuran favorit banyak Ibu karena cara mengolahnya yang cukup mudah. Teruslah mengonsumsi bayam di masa kehamilan ya, Bu, karena sayur berdaun hijau ini kaya akan zat besi dan fosfor. Dua nutrisi penting tersebut sangat memengaruhi perkembangan organsi Kecil dalam kandungan. Zat besi dibutuhkan janin sebagai komponen pembentuk kolagen, protein yang membuat tulang dan jaringan penghubung di dalam tubuh janin menjadi lebih kuat dan sehat. Sementara fosfor penting untuk melancarkan fungsi ginjal, kerja jantung, dan perbaikan jaringan dan sel-sel tubuh.

Jamur putih

Ibu bisa mengonsumsi jamur putih dengan cara ditumis atau dipanggang di atas roti. Jamur putih tidak kalah penting bagi kehamilan Ibu karena mengandung tembaga (copper) yang membantu pembentukan jantung, pembuluh darah dan sistem saraf janin. Tidak hanya tembaga, jamur putih juga sangat baik dikonsumsi Ibu sepanjang masa kehamilan karena mengandung vitamin B kompleks, vitamin D, zat besi, serat dan antioksidan untuk melindungi sel dari radikal bebas.

Asparagus

Ibu yang ingin kehamilannya lancar, ada baiknya untuk rutin mengonsumsi sayur asparagus sejak trimester pertama. Asparagus mengandung banyak sekali nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Ibu dan juga janin untuk berkembang, seperti asam folat, vitamin K, vitamin E, vitamin B dan juga antioksidan. Asam folat yang bisa Ibu dapat dari asparagus bermanfaat untuk produksi DNA atau pembentuk sel-sel tubuh, juga berkhasiat dalam mencegah terjadinya cacat tabung saraf dan mengurangi risiko si Kecil mengalami cacat lahir lainnya.

 

Sumber:

American Heart Association. 2014. Getting to know fruits and vegetables. https://www.heart.org/idc/groups/heart-public/@wcm/@fc/documents/downloadable/ucm_467681.pdf

Kemenkes RI. 2014. Pedoman Gizi Seimbang. Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA, Jakarta, hal. 24-26 http://gizi.depkes.go.id/download/Pedoman Gizi/PGS Ok.pdf

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+