Ibu yang sedang menjalani kehamilan harus selalu memerhatikan tiap aktivitas yang dilakukan agar tidak membahayakan kesehatan janin. Berikut adalah lima hal yang sebaiknya dihindari Ibu selama kehamilan:

Berendam di bak air panas atau bersauna

Ibu yang sedang menjalani kehamilan sebaiknya tidak mandi dengan cara berendam di bak air panas atau melakukan sauna. Suhu tubuh yang naik karena berendam di air yang terlalu panas bisa berdampak pada komplikasi janin dan memicu cacat lahir. Jika Ibu sedang tidak enak badan dan ingin mandi, gunakan air hangat dengan suhu di bawah 40° C.

Membersihkan kotoran kucing

Jika Ibu memelihara kucing di rumah, mintalah bantuan orang lain untuk membersihkan kotoran, kandang, dan kebersihan kucing itu sendiri. Kotoran kucing dapat mengandung toksoplasma, parasit berbahaya yang bisa menyebabkan cacat lahir hingga keguguran. Selain dari kotoran kucing, virus toksoplasma juga bisa masuk ke tubuh dari makanan mentah atau setengah matang.

Berada di lingkungan yang penuh asap rokok

Menjadi perokok pasif bisa jadi hal yang lebih buruk dibanding menjadi perokok aktif itu sendiri, terlebih jika Ibu sedang hamil. Hindari duduk berdekatan dengan orang yang merokok atau berada pada ruangan yang penuh asap rokok. Ribuan zat berbahaya dalam rokok jika terhirup akan mengancam keselamatan Ibu dan janin, yakni meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan SIDS (kematian mendadak pada bayi).

Mengonsumsi obat tanpa resep dokter

Jika Ibu jatuh sakit, dianjurkan untuk mengecek kondisi Ibu ke dokter dan meminta resep obat yang aman untuk dikonsumsi saat sedang hamil. Beberapa obat atau suplemen yang dijual bebas di apotek tidak aman untuk Ibu konsumsi karena dapat membahayakan kesehatan janin.

Mengecat dan menghirup bau cat

Ibu mungkin tidak sabar menunggu kelahiran si Kecil sehingga merasa bersemangat dan ingin ikut membantu Ayah mengecat kamar untuk si Kecil. Namun, Ibu sebaiknya tidak melakukan hal tersebut karena kandungan pada cat tembok diketahui dapat membahayakan keselamatan janin jika terhirup masuk ke tubuh Ibu. Kandungan zat kimia dalam cat seperti VOC jika dihirup dalam jumlah banyak bisa meningkatkan risiko keguguran.

 

Sumber:

American Pregnancy Association. Paint and Pregnancy. http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/paint-and-pregnancy/

The Human Society of The United States. Pregnancy and Toxoplasmosis. http://www.humanesociety.org/animals/resources/tips/toxoplasmosis.html

Organization of Teratology Information Services. Hyperthermia. http://otispregnancy.org/pdf/hyperthermia.pdf

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+