Selamat Mama sudah dinyatakan hamil oleh dokter. Kini saatnya Mama meneruskan gaya hidup sehat yang sudah Mama jalani sejak masa persiapan kehamilan. Apabila Mama mengalami gejala kehamilan yang sebelumnya tidak Mama duga, jangan panik,  tetaplah berpikiran positif kehamilan Mama akan berjalan lancar. Berikut beberapa gejala kehamilan yang mungkin Mama alami pada trimester pertama.

  1. Mual dan muntah

Gejala kehamilan ini biasa dikenal dengan morning sickness. Mual dan muntah yang disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan biasanya terjadi pada pagi hari. Namun, tidak sedikit Mama yang mengalami gejala mual dan muntah sepanjang hari. Untuk mengatasi gejala ini, Mama perlu memperhatikan pola makan Mama. Cobalah Makan dengan porsi sedikit, tetapi dengan intensitas yang sering. Cara ini bisa meminimalisir rasa mual dan mengurangi muntah. Selain itu, pastikan Mama mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6, seperti hati dan daging.

  1. Konstipasi

Susah buang air besar atau konstipasi adalah salah satu gejala kehamilan yang juga disebabkan oleh perubahan hormon sehingga pergerakan pencernaan Mama menjadi lebih lambat. Gejala ini juga bisa diatasi dengan perkaya asupan serat dari buah-buahan, sayuran hijau dan kacang-kacangan. Pastikan Mama minum banyak air putih untuk menghindari dehidrasi.

  1. Sakit kepala

Gejala kehamilan seperti sakit kepala juga disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan. Tekanan darah Mama mungkin bisa berubah seketika sehingga menyebabkan sakit kepala. Atasi dengan istirahat yang cukup dan penuhi kebutuhan nutrisi penting, seperti asam folat, vitamin D, zat besi (iron) dan kalsium.

  1. Rasa panas dalam perut

Perubahan ukuran perut Mama menyebabkan timbulnya sensasi terbakar di tenggorokan dan dada. Pada masa ini perubahan hormon juga bisa mengakibatkan naiknya asam lambung sehingga Mama merasakan perih di bagian lambung atau sakit perut seperti diare. Atasi gejala ini dengan makan porsi sedikit, tetapi sering. Hindari makanan pedas dan minuman berkarbonasi yang dapat memicu panas dalam perut.

  1. Ngidam

Gejala kehamilan ini mungkin tidak asing lagi untuk Mama. Namun, Mama perlu bijak dalam memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi. Tidak sedikit Mama yang menuruti ngidam karena takut si Kecil kelak akan sering meneteskan air liur. Sebenarnya hal tersebut hanyalah mitos dan sebaiknya Mama terus berpikiran positif. Apabila Mama sudah mendapatkan makanan yang Mama inginkan, pastikan makanan tersebut mengandung nutrisi yang dibutuhkan dan tidak langsung tidur sekitar 2 jam setelah makan.

 

 

Sumber:

What To Expect. 2015. Natural Remedies for the Most Common Pregnancy Symptoms. http://www.whattoexpect.com/pregnancy/natural-remedies-for-pregnancy-symptoms.aspx (diakses pada 23 Januari 2017).

Zulianti, Eka. 2014. Keajaiban 9 Bulan 10 Hari. Yogyakarta; Penerbit Cakrawala.

306/5/2017

 

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+