Menyiapkan makanan untuk keluarga tidaklah perlu repot jika kita sendiri bisa menyisiatinya dengan membuat makanan cepat saji. Maksud makanan cepat saji adalah makanan utama bukan kudapan yang dapat dibuat dengan cepat dan tetap memenuhi nilai gizi yang dibutuhkan untuk semua anggota keluarga. Di bawah ini adalah lima makanan cepat saji yang baik bagi keluarga.

  1. Sandwich

Sandwich atau roti isi enak rasanya dan sangat mudah membuatnya. Ibu dapat membuat roti atau roti gandum dengan isi:

  • telur (dapat dibuat dadar atau mata sapi),
  • daging asap, abon, tumis daging cincang
  • ikan bisa dengan abon ikan, ikan tuna atau tuna kaleng

Tentunya Ibu harus menambah sumber vitamin dan mineral yang lain yaitu sayuran seperti daun letus, tomat dan mentimun. Juga bisa ditambah keju sebagai sumber kalsium dan saus tomat atau saus sambal.

  1. Nasi goreng

Nasi goreng adalah salah satu menu favorit orang Indonesia, membuatnya pun sangat praktis. Umumnya nasi goreng berwarna merah kecokelatan. Warna kecokelatan ini karena bumbu bawang merah dan cabai serta kecap. Ibu juga dapat membuat nasi goreng kuning dengan bumbu kunyit tanpa tambahan kecap. Nasi goreng kunyit tidak kalah rasanya dengan nasi goreng kecap. Sebagai lauk, Ibu dapat menambahkan telur mata sapi atau irisan telur dadar, suwiran daging ayam atau udang, mentimun, tomat, dan irisan kol mentah bila suka. Jika tidak suka, bisa diganti dengan potongan wortel, kacang polong.

Jadi, dengan sekali masak mama sudah mendapatkan makanan dengan beragam gizi. Praktis, bukan?.

  1. Martabak Mie

Ibu dapat membuat variasi makanan cepat saji dengan membuat martabak mie. Campur mie yang telah direbus dengan telur yang sudah dikocok. Tambahkan ayam/ daging sapi cincang, irisan kecil tahu dan terakhir tambahakan sayuran yang diris tipis seprti wortel dan buncis. Tambahkan juga bumbu bawang merah atau bawang bombay, lada, dan garam, lalu goreng. Terakhir, Ibu bisa menambahkan parutan keju. Supaya lebih yummy lagi, taburkan irisan daun bawang di atas martabak mie.

  1. Omelet

Omelet atau telur dadar adalah salah satu teman nasi/ makanan pokok yang mudah dibuat. Omelet dapat diisi dengan daging ayam/sapi giling, udang, ditambah irisan tipis wortel, buncis serta jamur. Bagi Ibu yang suka gurih, bisa juga mencampur omelet dengan keju. Omelet dapat dihidangkan bersama dengan nasi atau kentang goreng.

  1. Oatmeal

Untuk sarapan, Ibu bisa membuat oatmeal yang dicampur dengan susu dan buah, misalnya potongan buah pisang, mangga, atau stroberi. Sesuaikan saja buahnya dengan selera anggota keluarga.

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+