Alangkah bahagianya bila janin yang dikandung Mama dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Untuk itu tentunya Mama sangat memperhatikan asupan nutrisi saat hamil. Karena Mama merupakan satu satunya sumber nutrisi untuk janin yang dikandung Mama

Makanan yang dikonsumsi Mama pun sebaiknya mengandung nutrisi yang dibutuhkan saat hamil, yaitu mengandung makro nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak serta mikro nutrisi seperti vitamin dan mineral. Beberapa makanan yang bernutrisi untuk mendukung tumbuh kembang janin selama Mama hamil.

1. Daging merah

Sumber protein hewani yang sangat baik dikonsumsi Mama saat hamil, untuk pengolahannya sebaiknya diolah dalam keadaan benar benar matang, hindari pengolahan setengah matang.  Sedangkan fungsi protein adalah untuk membantu membentuk jaringan sel janin sehingga janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain mengandung protein daging merah pun mengandung zat besi, agar Mama tetap sehat terhindar dari anemia sehingga janin yang dikandung pun dapat berkembang dengan baik. 

2. Susu

Mama bisa konsumsi dalam bentuk susu cair langsung diminum atau pun dapat divariasikan dalam bentuk yang berbeda sehingga Mama tidak bosan mengkonsumsinya. Susu dapat divariasikan dalam berbagai pengolahan dan bentuk masakan seperti contohnya adalah dibuat puding, dicampur dalam salad, atau pun Mama dapat menggantikan santan dengan susu seperti dalam bubur kacang hijau, soto, yang pastinya rasanya lebih yumi sesuai selera Mama. Mama pun dapat mengonsumsi turunan dari susu seperti yogurt dan keju. Susu mengandung protein, kalsium yang sangat baik tumbuh pertumbuhan tulang dan gigi janin.

3. Serealia

Sumber karbohidrat yang akan menghasilkan energi agar Mama dapat tetap beraktivitas sepanjang hari tetap segar, prima dan ceria. Jenis karbohidrat kompleks seperti gandum, oatmeal, roti gandum sangat baik bagi kesehatan Mama, dapat menstabilkan gula darah Mama saat hamil. Selain mengandung karbohidrat, juga mengandung kalsium, asam folat.

4. Bayam dan brokoli

Jenis sayuran hijau yang banyak mengandung vitamin dan mineral, bayam mengandung asam folat, zat besi sedangkan brokoli mengandung kalsium, zat besi yang tentunya sangat baik untuk tumbuh kembang janin. Mama dapat mengolah bayam dalam bentuk sayur bayam kuah, dibuat lalap, atau pun ditumis. Sedangkan brokoli dapat Mama olah dalam bentuk sup, tumis, ataupun dibuat jus bersama buah manis. Tentunya rasanya lebih yumi dan segar.

5. Pisang, apel, pepaya dan jeruk

Buah-buahan yang tidak asing bagi Mama.  Buah buah tersebut mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin C sangat baik untuk daya tahan tubuh Mama serta vitamin C membantu penyerapan zat besi.  Selain itu juga mengandung asam folat dan kalsium yang sangat baik bagi kesehatan Mama dan janin yang dikandung Mama. Mama dapat mengkonsumsi langsung buah buahan tersebut ataupun dapat divariasikan dalam bentuk slada buah atau jus buah.

 

 

 

 

Sumber:

Sunita Almatsier, Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Gramedia, Jakarta 2011

Makanan Sehat Ibu Hamil, Departemen Kesehatan – Direktorat Bina Gizi –Subdit Bina Gizi Klinik, 2011

 

045/2/2017

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+