Testpack memang menjadi salah satu alat andalan Ibu untuk mengetahui apakah dirinya sedang hamil atau tidak. Ibu yang sedang dalam proses persiapan kehamilan pasti tidak sabar melihat hasil dari testpack menunjukkan tanda positif, yang biasanya terlihat dalam simbol plus atau dua garis merah. Namun, tahukah Ibu bahwa selain menggunakan alat bantu testpack, kehamilan juga bisa diprediksi dengan melihat ciri alami tubuh?

Kehilangan Nafsu Makan

Beberapa hari sebelum Ibu menyadari bahwa waktu menstruasi normal telah lewat, Ibu akan merasakan nafsu makan yang berkurang drastis. Kondisi ini bisa disebabkan oleh naiknya hormon estrogen dalam tubuh sehingga membuat Ibu lebih gampang mual terhadap aroma suatu makanan atau minuman dan menjadi kehilangan selera makan.

Perubahan Mood

Sama halnya seperti nafsu makan yang berkurang, perubahan kadar hormon tubuh juga berdampak pada mood Ibu. Kadar hormon yang berubah (meningkatnya estrogen) memengaruhi neurotransmitter dalam otak yang berfungsi sebagai pengontrol emosi.

Perut Menjadi Lebih Kembung

Berubahnya kadar hormon dalam tubuh menjelang kehamilan dapat membuat perut Ibu terasa kembung dan mual. Kondisi yang juga kerap terjadi menjelang menstruasi ini akan membuat pakaian Ibu terasa sedikit lebih ketat daripada biasanya.

Kerap Buang Air Kecil

Naiknya kadar hormon estrogen dan juga HCG (Human Chorionic Gonadotropin) menjelang kehamilan akan memicu peningkatan aliran darah pada ginjal Ibu. Kondisi tersebut akan membuat kandung kemih Ibu lebih cepat terisi, sehingga Ibu kerap merasa ingin buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Telat Menstruasi dan Muncul Bercak Cokelat

Banyak Ibu yang khawatir bahwa bercak cokelat saat hamil bisa jadi pertanda buruk keguguran. Meski begitu, jika Ibu belum mengetahui bahwa dirinya sedang hamil dan mengharapkan tanda atau gejala kehamilan, bercak cokelat justru merupakan pertanda yang baik. Bercak cokelat yang muncul di waktu Ibu seharusnya menstruasi bisa jadi tanda suksesnya implantasi, yaitu menempelnya embrio atau sel telur yang sudah dibuahi di dinding rahim.

Payudara Bengkak dan Nyeri

Selain ciri di atas, ciri alami lain yang ditunjukkan tubuh jika terjadi kehamilan adalah membesarnya payudara. Payudara yang terlihat membengkak dan terasa nyeri disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon tubuh, dan akan bertahan hingga akhir trimester pertama.

Sumber:

ACOG. 2015. Morning Sickness: Nausea and Vomiting of Pregnancy. FAQ126. American College of Obstetricians and Gynecologists.

NICHD. Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development. What Are Some Common Signs of Pregnancy? https://www.nichd.nih.gov/health/topics/pregnancy/conditioninfo/Pages/signs.aspx#citationscontent

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+