Kacang memiliki beberapa nutrisi penting untuk Ibu hamil dan perkembangan calon bayi. Kacang mengandung lemak sehat, nutrisi, vitamin dan kalori yang dibutuhkan Ibu hamil untuk menjalani pertumbuhan setiap trimester.

Namun perlu disadari terlebih dahulu apakah Ibu hamil mempunyai alergi terhadap kacang. Jika hal itu tidak dialami oleh Ibu hamil, maka tidak ada alasan untuk tidak memasukan kacang-kacangan dalam menu santapan sehat ketika masa kehamilan.

Apa saja khasiat yang terkandung dalam kacang? Berikut 6 manfaat kacang-kacangan untuk Ibu dan Janin.

 

  1. Protein untuk Stamina Ibu hamil dan Calon Bayi

Kandungan protein yang tinggi dalam kacang-kacangan bisa membantu perkembangan yang sehat dari masa ketika otot pada bayi Ibu hamil mulai tumbuh. Asupan protein yang penting bisa mentransfer kekuatan dan stamina dari Ibu Hamil ke calon bayi. Hal ini juga membantu bayi Ibu hamil lahir dengan berat badan yang sehat.

  1. Serat untuk Pencernaan

Kandungan serat dalam kacang-kacangan membantu proses pencernaan menjadi lancar. Ibu hamil tentunya membutuhkan serat untuk mencegah sembelit. Ketika dibutuhkan cukup serat selama masa kehamilan, kacang-kacangan merupakan salah satu pilihan yang terbaik bagi Ibu hamil.

  1. Vitamin E untuk Rambut dan Kulit Sehat

Vitamin E yang terdapat dalam kacang-kacangan dapat membantu pembentukan rambut dan kulit sehat bagi calon bayi Ibu hamil.

  1. Kalsium untuk Cegah Hipertensi

Tingginya kadar kalsium pada kacang-kacangan, seperti almond, bisa mengurangi risiko hipertensi dan preeklampsia selama kehamilan. Pasalnya kalsium sangat penting untuk membentuk gigi dan tulang yang kuat bagi calon bayi Ibu hamil.

  1. Folat untuk Pertumbuhan Otak Sehat Calon Bayi

Asam folat atau vitamin B9 yang hadir dalam kacang-kacangan sangat penting untuk pembentukan otak sehat dan sistem saraf pusat pada calon bayi Ibu hamil. Folat juga diakui membantu melindungi calon bayi Ibu sehat tumbuh dan terhindar dari cacat tabung saraf pada tahap prenatal pertumbuhan.

  1. Magnesium untuk Optimalisasi Saraf Pusat Calon Bayi

Magnesium membantu memastikan pembentukan yang tepat untuk fungsi sistem saraf pusat pada calon bayi Ibu hamil. Hal ini juga membantu pergerakan usus Ibu hamil secara teratur.

 

 

 

 

Sumber:

Balasubramanian, Deepa. 2015. 8 Amazing Benefits Of Eating Almonds During Pregnancy. http://www.momjunction.com/articles/amazing-benefits-of-eating-almonds-during-pregnancy_0087519/#gref. (Diakses pada 16 Desember 2016).

Heny, Jenny. 2013. Why you should eat nuts in pregnancy: Now doctors say it lowers risk of baby developing allergy. http://www.dailymail.co.uk/health/article-2528682/Why-eat-nuts-pregnancy-Now-doctors-say-lowers-risk-baby-developing-allergy.html. (Diakses pada 17 Desember 2016).

Ghosh, Moumita. 2016. 8 Amazing Nutritional Benefits Of Eating Nuts During. http://www.momjunction.com/articles/amazing-nutritional-benefits-of-eating-nuts-during-pregnancy_0081423/#gref Pregnancy. (Diakses pada 16 Desember 2016).

 

045/2/2017

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+