ditulis oleh Mama Care Nutrition Expert, Yona Shelly, S Gz.

ASI (Air Susu Ibu) sangat baik diberikan pada bayi. Setelah dilahirkan, sebaiknya mama memberikan  ASI eksklusif  pada si kecil selama enam bulan. ASI merupakan makanan terbaik yang bisa diberikan pada si kecil untuk perkembangannya. Namun, masih ada sejumlah mama  yang tak memberikan ASI eksklusif pada si kecil dikarenakan beberapa hal, seperti sibuk bekerja, ASI tidak lancar, dan lain sebagainya. Salah satu makanan yang sudah banyak diketahui orang untuk memperlancar ASI adalah daun katuk. Tak hanya itu saja, tapi masih ada makanan lain yang bisa mama konsumsi agar ASI lancar dan si kecil bisa menjadi lebih sehat. Makanan apa saja? Berikut 7 makanan ini bikin ASI lancar :

1. Wortel

Wortel mengandung fitoestrogen yang sangat penting bagi mama menyusui. Selain itu, beta karoten dan vitamin A yang ada di dalamnya juga penting untuk menjaga energi ibu yang sedang menyusui. Mama bisa membuatnya menjadi jus wortel atau sop wortel & buncis.

2. Sayur Bayam

Sayur bayam sangat praktis membuatnya dan memiliki sumber vitamin K, A, dan asam folat ini baik dikonsumsi untuk mama  hamil dan menyusui. Selain itu, kandungan fitoestrogen-nya juga membantu meningkatkan kesehatan jaringan payudara dan merangsang ASI agar keluar lebih lancar.

3. Buah Pepaya

Pepaya bisa dijadikan cemilan sehat saat masa menyusui! Manfaatnya ialah meningkatkan jaringan payudara dan laktasi sehingga ASI mama lebih lancar. Hal tersebut didapat dari kandungan yang ada di dalam pepaya yaitu enzim dan fitokimia.

4. Oatmeal

Oatmeal yang cocok dijadikan sarapan juga bisa membantu tubuh mama yang baru melahirkan menjadi lebih rileks. Hal ini juga membantu tubuh melepaskan oxytocin yaitu hormon yang terlibat dalam produksi susu dari mama. Kandungan nutrisi pada oatmeal dapat membantu untuk menurunkan kolesterol dan menormalkan tekanan darah mama. Tak hanya itu, oatmeal juga dapat membantu meningkatkan jumlah hormon oksitosin dalam tubuh yang dapat memperlancar ASI mama.

5. Beras merah

Sesekali coba ganti beras putih dengan beras merah yang kaya akan karbohidrat kompleks yang membantu untuk menjaga tingkat energi mama  menyusui. Selain itu, kandungan vitamin yang ada pada beras merah juga memicu sekresi prolaktin yang bisa memperlancar ASI.

6. Salmon

Ikan merupakan salah satu makanan terpenting untuk mama  menyusui. Ikan yang baik untuk dimakan adalah salmon. Kandungan asam lemaknya bisa memberikan dorongan untuk pasokan ASI dari mama  menyusui. Selain itu, dengan memakan salmon meningkatkan kualitas ASI mama terhadap si kecil.

7.  Asparagus

Kandungan yang ada di dalam asparagus sangat penting dalam mempertahankan & meningkatkan kuantitas ASI yang sehat pada mama  menyusui. Buatlah sop asparagus sebagai appetizer, pasti lezat =)

Itulah makanan yang bisa mama konsumsi saat menyusui. Sebaiknya, konsumsilah beberapa makanan di atas agar ASI lancar dan bayi mendapatkan ASI yang berkualitas baik. Nah sebagai kesimpulan, cara terbaik agar produksi ASI tetap lancar dan berlimpah, lakukan kegiatan menyusui sesering mungkin. Berikan ASI ekslusif selama 6 bulan pertama si kecil. Jangan lupa untuk banyak minum air putih, susu, makan cukup kalori dan tentunya istirahat. Stay Positive and Happy breastfeeding!

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+