Oleh: Yona Shelly, S.Gz, Ahli Nutrisi Lactamil Ibu Care

Wanita yang sedang hamil kemudian mual dan muntah-muntah akan sulit untuk makan, sehingga dapat berdampak buruk bagi kesehatan si janin sebab kurang mendapatkan gizi dari sang mama. Oleh karena itu, walaupun muntah saat hamil dalam kategori wajar, akan tetapi hal tersebut tetap harus diperhatikan agar gizi sang janin bisa tetap terjaga.

Mual dan muntah atau morning sickness pada kehamilan memang wajar. Namun jika disertai dengan muntah yang hebat hingga lemas atau yang disebut hyperemesis gravidarum hingga menyebabkan dehidrasi, harus segera diatasi karena berbahaya bagikesehatan ibu dan janin.

Ada 7 tips untuk mengurangi mual – muntah di awal kehamilan :

  1. Makan dalam jumlah sedikit  tapi sering, jangan makan dalam jumlah atau porsi besar hanya akan membuat mama bertambah mual. Berusahalah makan tepat waktu dengan porsi kecil tapi sering.
  2. Makan makanan yang tinggi karbohidrat dan protein yang dapat untuk membantu mengatasi rasa mual mama. Banyak mengkonsumsi  buah dan sayuran dan makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, biscuit, dll
  3. Di pagi hari sewaktu bangun tidur jangan langsung terburu-buru terbangun, cobalah duduk dahulu dan baru perlahan berdiri bangun. Bila mama merasa sangat mual ketika bangun tidur pagi siapkanlah snack atau biscuit didekat tempat tidur mama, dan mama dapat memakannya dahulu sebelum mama mencoba untuk berdiri.
  4. Hindari makanan yang berlemak, berminyak dan pedas yang akan memperburuk rasa mual mama.
  5. Minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi akibat muntah. Minumlah air putih, ataupun juice. Hindari minuman yang mengandung kafein dan karbonat.
  6. Vitamin kehamilan kadang memperburuk rasa mual, tapi mama tetap memerlukan folat untuk kehamilan mama ini. Bila mual muntah sangat hebat, konsultasikan ke dokter mama sehingga dapat diberikan saran terbaik untuk vitamin yang akan mama konsumsi. Dan dokter mama mungkin akan memberikan obat untuk mual bila memang diperlukan.
  7. Vitamin B 6 efektif untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil.  Sebaiknya Konsultasikan dahulu dengan dokter mama untuk penggunaanya.
Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+