Ibu yang sedang menjalani kehamilan perlu asupan nutrisi yang tepat demi mendukung kelancaran tumbuh kembang si Kecil sejak dini. Tidak hanya untuk pertumbuhan si Kecil, Ibu pun perlu asupan nutrisi seimbang agar selalu sehat hingga akhir masa kehamilan.

Jenis nutrisi yang paling dibutuhkan Ibu dan janin di dalam kandungan adalah Asam folat, vitamin D, Iron atau zat besi dan juga Kalsium (ADIK). Empat nutrisi tersebut berperan penting dalam perkembangan sel-sel pembentuk sistem organ vital janin, seperti otak, jantung, mata, lambung, paru-paru, dan lain sebagainya. Ibu juga perlu mencukupi asupan nutrisi ADIK tersebut agar si Kecil terhindar dari risiko penyakit atau bahkan cacat saat ia lahir kelak.

Asam folat merupakan nutrisi terpenting yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan otak dan tulang belakang si Kecil. Menurut data AKG tahun 2013, Ibu perlu mencukupi kebutuhan asam folat di masa kehamilan sebanyak 400 mikrogram setiap harinya. Jika Ibu kekurangan asam folat saat hamil, si Kecil berisiko menderita cacat tabung saraf (NTD), cacat pada katup jantung, bibir sumbing atau beragam jenis penyakit pada jantung lainnya. Cukupi asupan asam folat Ibu dari ikan laut (salmon, tuna), sayuran berdaun hijau (bayam, kale, brokoli), kacang-kacangan (lentil), dan daging sapi.

Vitamin D diperlukan tubuh Ibu selama hamil untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil. Menurut The Institute of Medicine, Ibu perlu asupan vitamin D sebanyak 15 mcg setiap harinya, agar Ibu terhindar dari risiko diabetes, preklamsia, hingga kelahiran prematur. Penuhi kebutuhan vitamin D Ibu dari susu, yoghurt, ikan salmon, sarden, kuning telur atau buah jeruk.

Iron atau zat besi sangat dibutuhkan saat kehamilan karena menjadi nutrisi pembentuk hemoglobin dalam tubuh. Tanpa hemoglobin, Ibu dan si Kecil akan kekurangan sel darah sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Menurut National Institutes of Health, Ibu harus memenuhi kebutuhan zat besi harian sebanyak 27 mg yang bisa didapat dari daging sapi, ayam atau seafood, juga kacang polong, buncis, bayam dan tahu. Ibu juga bisa minum susu untuk memenuhi kebutuhan zat besi.

Kalsium sebagai pembentuk tulang, otot dan gigi yang sehat bagi janin juga harus selalu dipenuhi Ibu saat hamil. Menurut Institute of Medicine, Ibu butuh sekitar 1000-1300 mg asupan kalsium setiap harinya, yang bisa didapat dari susu, keju atau produk olahan susu, jus buah, tahu, roti, ikan salmon, bayam dan sayur kale.

 

Sumber:

Baby Center Medical Advisory Board. Vitamin D in Your Pregnancy Diet. https://www.babycenter.com/0_vitamin-d-in-your-pregnancy-diet_661.bc

Baby Center Medical Advisory Board. Iron in Your Pregnancy Diet. https://www.babycenter.com/0_iron-in-your-pregnancy-diet_1468.bc

Baby Center Medical Advisory Board. Calcium in Your Pregnancy Diet. https://www.babycenter.com/0_calcium-in-your-pregnancy-diet_665.bc

 

CVM: 680/10/2017 

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+