Tubuh yang sehat didapat dari banyak mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang sehingga dapat lebih maksimal dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Kebiasaan makan sehat dan baik dimulai dari dalam keluarga sendiri, terlebih dalam rumah tangga.

Bagi pasangan yang menantikan buah hati, cobalah untuk memperbaiki nutrisi yang dikonsumsi setiap hari sebelum kehamilan terjadi. Perbaikan nutrisi sebelum hamil akan membuat bayi lahir sehat dengan gizi baik. Jika para calon orangtua telah merencanakan perbaikan gizi sejak awal, ini artinya anda berdua telah siap memberikan lingkungan yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Perhatikan Berat Badan

Perhatikan berat badan ideal, tidak boleh terlalu berat juga tidak boleh terlalu ringan. Berat badan berlebih ataupun kurang akan menjadi salah satu hal yang menyebabkan wanita sulit hamil. Hindari niat Anda untuk berdiet karena diet menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral yang sudah pasti akan sangat dibutuhkan oleh Anda dan sang bayi. Konsultasikan pada dokter jika Anda ingin hamil tapi sedang mengkonsumsi makanan tertentu untuk menambah atau mengurangi berat badan.

Awasi Asupan Vitamin, Mineral atau Ramuan Obat

Konsumsi vitamin, mineral, atau ramuan tanpa konsultasi dokter dapat memungkinkan terjadinya over-dosis atau reaksi negatif pada tubuh. Vitamin A bila dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan cacat bawaan pada bayi. Sebaiknya hentikan segala jenis suplemen minimal 3 bulan sebelum hamil. Bila memang diperlukan, dokter akan memberikan vitamin khusus ibu hamil, sesuai kebutuhan. Jadi, perhatikan baik-baik konsumsi vitaminnya ya.

Konsumsi Asam Folat

Salah satu jenis vitamin yang sangat membantu bagi kesehatan kehamilan adalah Asam Folat. Bagi Ibu yang selama 3-4 bulan sebelum hamil mulai mengkonsumsi 0,4 mg acidum folicum  atau Asam Folat maka pertumbuhan janinnya dapat terjaga, tidak mudah terserang penyakit yang dapat menyebabkan cacat tulang punggung dan otak besar atau dikenal dengan penyakit neural tube defect. Setiap tahun ada sekitar 4000 kasus anak yang baru lahir yang terkena cacat bawaan ini, jenisnya biasa disebut spina bifida. Penyakit ini diperkirakan terjadi pada beberapa minggu pada awal masa kehamilan.

Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi acidum folikum atau Asam Folat pada masa awal kehamilan dapat mencegah penyakit ini. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung Asam Folat yaitu jenis padi-padian, tepung terigu, sereal, asparagus, alpukat, pisang, kacang hitam, kembang kol, jeruk dan jus buah, kuning telur, roti yang mengandung gizi yang tinggi dan crackers, jenis sayuran berwarna hijau, kacang koro, hati, kacang polong, pisang kepok, pocai, strawberry, ikan tongkol, yogurt dan lain-lain.

Selamat makan sehat, calon Ibu!

Sumber: Buku Kehamilan dan Persalinan. (Dini Kasdu, Mila Meiliasari, Retno Purwaningsih - 3G Publisher)

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+