Di masa kehamilan, beberapa dari Ibu bisa mengalami kerontokan rambut. Rontoknya rambut yang lebih banyak daripada biasanya ini dipicu oleh berubahnya kadar hormon dalam tubuh. Hormon estrogen yang meningkat turut mempercepat siklus pertumbuhan rambut, di mana terjadi kenaikan jumlah rambut yang memasuki fase istirahat sehingga menyebabkan rontok.

Meski begitu, Ibu tidak perlu terlalu khawatir, ya. Sama seperti kondisi lainnya yang berlangsung selama kehamilan, fase rambut rontok ini juga hanya berlangsung sesaat dan akan berhenti tiga hingga empat bulan setelah melahirkan. Saat itu peningkatan kadar hormon estrogen yang terjadi sepanjang masa kehamilan akan kembali normal setelah proses persalinan. Siklus pertumbuhan rambut Ibu pun akan kembali normal.

Jika Ibu merasa jumlah rambut yang rontok lebih banyak dari biasanya, Ibu bisa mengkonsultasikan hal tersebut pada dokter. Beberapa faktor lain selain perubahan hormon, seperti kurangnya asupan nutrisi tertentu, defisiensi hormon tiroid, atau Ibu yang sedang sakit bisa jadi penyebab mengapa Ibu mengalami kerontokan rambut. Untuk mengatasinya, Ibu bisa lakukan beberapa tips di bawah ini.

  1. Hindari menguncir atau mengepang rambut karena dapat memperparah tekanan pada rambut dan menyebabkan lebih banyak volume rambut yang tertarik.
  2. Seringlah mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak flavonoid dan antioksidan, seperti pisang, apel, pir, paprika atau terong. Dua senyawa tersebut dapat memberikan perlindungan untuk folikel rambut sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.
  3. Gunakan sampo atau conditioner yang mengandung biotin dan silika
  4. Sisir rambut secara perlahan saat kondisinya sedang basah.
  5. Tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks, biotin, vitamin C, vitamin E dan zat besi.

 

Sumber:

American Pregnancy. Pregnancy and Hair Loss. http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/hair-loss-during-pregnancy/

Rebecca Malachi, Februari 2017. Mom Junction. Is Hair Loss During Pregnancy? http://www.momjunction.com/articles/causes-hair-fall-remedies-tackle-pregnancy_0010127/

 

CVM: 680/10/2017

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+