Setiap wanita tentu ingin tampil cantik dan menarik, tidak terkecuali Mama yang sedang hamil. Tapi seringkali ketika hamil, Mama jadi merasa kerepotan seiring banyaknya perubahan yang terjadi dalam penampilan fisiknya. Meskipun ada begitu banyak pilihan mode, terkadang Mama tetap merasa kurang yakin dan tidak percaya diri. Jangan khawatir Mama, berikut ini beberapa tips untuk tetap tampil chic dan cantik selama masa kehamilan Mama.

  1. Busana nyaman
    Prinsip pertama dalam memilih busana adalah untuk memberikan kenyamanan kepada Mama. Blouse yang longgar, celana dan rok dengan elastik di pinggang, sweaterlegging untuk Mama hamil dan t-shirt. Pilihlah bahan-bahan yang menyerap keringat seperti katun, karena Mama hamil biasanya lebih banyak berkeringat. Jangan lupa untuk memilih pakaian dalam yang longgar, celana dalam berbahan katun dengan elastis di pinggang serta bra dengan ukuran lebih besar.
     
  2. Padu Padan
    Mama tidak perlu buru-buru berbelanja busana hamil pada trimester pertama. Coba tengok isi lemari baju Mama, dan mulailah memadu padankan koleksi busana Mama.
    Mama dapat mengenakan koleksi rok terusan Mama dan padukan dengan celana pipa berbahan katun untuk pergi ke acara yang pernikahan atau pesta yang lain. Tambahkan ikat pinggang kecil atau bros cantik untuk pemanis.
    Untuk Mama yang bekerja, seringkali direpotkan ketika perut semakin menonjol. Kenakan kaos V-neck untuk menarik perhatian ke arah leher. Pilihlah kaos berwarna terang dan berukuran cukup panjang untuk menutupi perut Mama yang menonjol. Padukan dengan celana panjang berpotongan pipa atau boot cut, kemudian lengkapi dengan blazer atau cardigan Mama yang lebih pendek dari kaos supaya tampil proporsional.  Selain itu Mama bisa mengenakan rok model pensil yang menonjolkan area kaki. Untuk menyamarkan bentuk tubuh pilihlah rok berwarna gelap.
    T-shirt dan sweater yang longgar bisa dikenakan bersama celana denim yang lentur, menjadi pilihan favorit busana sehari-hari.
     
  3. Sweet and simple
    Mama yang sedang hamil, pertumbuhan dari hari ke hari membuat Mama semakin tampak menarik karena perut yang semakin membesar. Untuk itu pilihlah busana dengan corak dan warna yang tidak terlalu ramai. Model pakaian yang sederhana dan warna-warna yang segar lebih cocok untuk Mama. Hindari model busana dengan banyak rimple atau kerutan dan motif yang ramai karena busana ini akan membuat Mama terlihat semakin “besar”.
     
  4. Buang jauh kesan ketat
    Dalam memilih busana selama masa kehamilan, Mama perlu memperhatikan pertumbuhan ukuran tubuh Mama. Sehingga Mama dapat memilih ukuran baju yang pas. Hindari baju yang terlalu ketat, karena akan menambah kesan menonjol pada tubuh Mama. Tetapi juga jangan mengenakan pakaian yang terlalu longgar.
     
  5. Sepatu pilihan
    Kenakan sepatu pantofel tertutup dan berhak datar, sebaiknya jangan gunakan sepatu bertali supaya kaki Mama terlindung dan tidak mudah keseleo. Ketika hamil terkadang kaki Mama sedikit membengkak, untuk menyiasatinya Mama dapat membeli sepatu dengan ukuran satu ukuran lebih besar dari biasanya dan hindari sepatu dengan model lancip pada ujungnya.
     
  6. Aksesori Mama Hamil
    Pilihlah aksesori yang sederhana, misalnya scarf tipis, bros, dan perhiasan yang tidak menimbulkan alergi atau gatal di kulit. Hindari penggunaan aksesori yang terlalu menumpuk. Mama tetap dapat tampil modis dengan aksesoris yang sederhana dan minimalis, seperti kalung atau gelang trendi untuk menambah keceriaan penampilan Mama saat jalan-jalan ke mall.
     
  7. Riasan tepat dan aman
    Selama hamil, Mama disarankan untuk memakai kosmetik yang aman digunakan selama masa kehamilan. Hentikan penggunaan kosmetik yang mengandung pemutih. Akan lebih baik jika Mama mengurangi penggunaan make-up saat di rumah. Bila terpaksa Mama harus berdandan ketika pergi keluar rumah, kenakanlah riasan yang ringan dan tidak terlalu menor. Sesungguhnya Mama tidak perlu repot memakai make-up, karena setiap Mama yang hamil pasti memancarkan aura yang luar biasa cantik alami.

Satu hal yang perlu diingat, busana maupun aksesoris yang Mama kenakan harus memberi rasa nyaman dan tetap menjadi diri sendiri. Dengan begitu Mama akan tetap percaya diri dan dapat menyalurkan energi positif bagi janin. Mama dapat tetap tampil chic dan cantik selama masa kehamilan, gembira dan janin tumbuh sehat. Selamat mencoba!

 

Referensi:

  • Kehamilan Minggu demi Minggu; Dr. Jane MscDougall, Esensi- Erlangga Group. Terbitan khusus untuk PT SOHO oleh ESENSI, divisi dari Penerbit Erlangga 2.
  • Tips.Padu.Padan.Busana.Ibu.Hamil - http://female.kompas.com/
  • tips-berbusana-saat-hamil- http://bidanku.com
Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+