Kacang hijau merupakan makanan yang familier untuk kita semua, khususnya bagi Ibu yang sedang hamil. Selain rasanya yang enak, kacang hijau juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kehamilan sehingga kerap disebut sebagai salah satu super food bagi Ibu. Yuk simak apa saja manfaat mengonsumsi kacang hijau bagi Ibu saat hamil:

  1. Dalam 100 gram kacang hijau terdapat kandungan 22 gram protein yang tentunya baik untuk pembentukan jaringan sel dan daya tahan tubuh sehingga Ibu tetap sehat dan prima. Selain menjaga kesehatan Ibu, kacang hijau juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan janin.
  2. Karbohidrat kompleks yang terkandung pada kacang hijau membantu Ibu hamil tetap fit dalam beraktivitas sehari-hari. Jenis karbohidrat kompleks ini juga dapat membuat Ibu kenyang lebih lama.
  3. Kacang hijau mengandung serat yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan tubuh dan mencegah Ibu dari risiko sembelit.
  4. Kacang hijau dapat menstabilkan gula darah Ibu sepanjang kehamilan.
  5. Kandungan vitamin dan mineral dalam kacang hijau seperti asam folat, zat besi, dan zinc tentunya sangat dibutuhkan Ibu hamil agar terhindar penyakit anemia. Dengan mengonsumsi kacang hijau saat kehamilan Ibu menjadi lebih sehat, tidak lesu atau mudah lelah. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral pada kacang hijau juga dapat membantu keseimbangan hormon dan sistem kelenjar, serta menjaga fungsi metabolisme tubuh.

Mengingat begitu banyaknya manfaat kacang hijau, Ibu sebaiknya memasukkan kacang hijau sebagai menu harian Ibu. Kacang hijau yang diolah dalam kemasan juga aman untuk dikonsumsi Ibu, baik dalam keadaan dingin atau tidak.

Dalam mengonsumsi kacang hijau Ibu dapat mengolah kacang hijau dengan cara bervariasi. Ibu dapat memasukkan kacang hijau dalam sup atau pun dalam sup bening dicampur dengan bayam, dibuat menjadi bubur kacang hijau atau mencampurkan kacang hijau ke dalam susu hamil.

 

Sumber:

Dr Health Benefits. 30 Health Benefits of Mung Beans (#1 Pregnancy and Baby). Retrieved from https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/nuts/health-benefits-of-mung-beans  (05 Feb 2018)

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+