Ditulis Oles: Margareta Komalasari, Sp.A, Ahli Pediatrik Lactamil Mama Care

Demam merupakan kondisi di mana badan mengalami panas di atas normal. Kondisi ini terjadi karena tubuh memberikan reaksi terhadap serangan racun yang masuk dalam tubuh. Secara alami, apabila jumlah toksik yang masuk tidak banyak, tubuh pun akan menetralisirnya secara normal pula. Namun apabila racun atau toksik yang ada dalam tubuh sudah melebihi ambang batas, maka secara alami pula tubuh akan memberikan reaksi .

Demam biasanya terjadi akibat tubuh terpapar infeksi mikroorganisme (virus,bakteri, parasit). Pada saat bayi tumbuh gigi maka bisa timbul juga demam. Demam merupakan reaksi tubuh untuk memberikan atau memproduksi panas berupa peningkatan suhu tubuh untuk menetralisir toksik-toksik yang sudah kelewatan. Karena itu, demam lebih sebagai gejala awal yang harus segera diantisipasi. Kondisi tubuh anak yang tidak cukup mampu mengatasi toksik harus dibantu dengan penanganan tepat oleh Mama.

Langkah yang harus dilakukan Mama bila anak Mama demam :

- Berikan anak banyak minum karena demam menyebabkan hilangnya banyak cairan tubuh akibat pembakaran yang terjadi.

- Berikan campuran madu dan air kelapa muda (air degan) untuk menurunkan panas tinggi pada tubuh anak. Kalau tidak ada air kelapa muda, dapat diberikan madu yang dicampur dengan air putih hangat.

- Bila demamnya tinggi, berikan kompres dengan air hangat pada kepala, kening, dan ketiak anak. Bila perlu, jika kondisi panas badannya sangat tinggi, kompres dilakukan pada seluruh tubuh, atau Mama bisa merendam si kecil dengan air hangat

- Jangan menyelimuti tubuh anak yang demam pada seluruh tubuhnya.

- Berikan jus buah-buahan manis dicampur madu untuk mengganti nafsu makan anak yang hilang.

Sebaiknya Mama jangan memaksa anak untuk makan, berikan makanan atau minuman sedikit tapi sering.

Untuk mengurangi demam, Mama juga dapat membuat ramuan dari bawang merah yang dihancurkan dan dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan ini lantas dioleskan ke seluruh tubuh anak. Kalau tidak ada minyak kelapa dapat diganti dengan baby oil.

Namun apabila langkah diatas tidak memberikan hasil maksimal, tidak ada salahnya bila Mama memberikan obat penurun panas atau membawanya ke dokter terdekat. Semoga berguna ya Mama semua :)

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+