Tahukah Mama bahwa ragam nutrisi penting yang terkandung dalam susu kehamilan tidak hanya bermanfaat untuk Mama, tapi juga untuk pertumbuhan si Kecil kelak?

Banyak manfaat yang bisa Mama dapatkan ketika rutin mengonsumsi susu di masa kehamilan. Kandungan nutrisi penting dalam susu, seperti kalsium, asam folat, vitamin D, dan zat besi mampu mendukung perkembangan jaringan pembentuk organ vital janin, dan juga meningkatkan pertumbuhan tulang serta otot.

Salah satu nutrisi tersebut, yakni kalsium, merupakan nutrisi yang harus selalu dipenuhi Mama sepajang kehamilan. Mama yang sedang hamil membutuhkan 1000-1300 mg kalsium per hari. Studi yang dilakukan University of Iceland menunjukkan bahwa Mama yang rutin minum susu sedikitnya dua gelas susu perhari cenderung melahirkan si Kecil yang lebih tinggi, dibanding Mama yang tidak minum susu. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan kalsium dan vitamin D tinggi yang terdapat dalam susu.

Selain meningkatkan pertumbuhan tulang, kandungan kalsium, vitamin D dan zat besi dalam susu kehamilan juga mencegah si Kecil lahir dalam keadaan rakhitis atau melemahnya tulang karena kekurangan nutrisi.

Mama yang rutin minum susu sepanjang masa kehamilan juga akan mendapatkan manfaat lain, di antaranya adalah membantu si Kecil memiliki IQ yang tinggi dan tumbuh lebih optimal. Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Bristol and Surrey. Dari hasil studi yang dimuat dalam British Journal of Nutrition tersebut, mereka mengungkap bahwa kandungan iodine dalam susu mampu meningkatkan produksi hormon tiroid Mama, hormon yang memengaruhi perkembangan otak si Kecil di dalam kandungan. Di sisi lain, kandungan asam folat dan omega 3 dalam susu turut membantu mengurangi risiko si Kecil menderita autisme, karena nutrisi tersebut berperan penting dalam mendukung pembentukan sel otak yang sehat.

Lebih jauh lagi, manfaat yang bisa didapat si Kecil jika Mama rutin minum dua gelas susu selama kehamilan adalah kelak di masa remajanya si Kecil akan terhindar dari penyakit diabetes tipe dua, karena kandungan nutrisi dalam susu meningkatkan produksi kadar insulin di dalam darah.

 

Sumber:

Aravind, Nandini. Mom Junction. July 2017. Which Type of Milk Should You Consume during Pregnancy? http://www.momjunction.com/articles/types-milk-can-consumed-pregnancy_0076537/#gref

Mazel, Sharon. What to Expect. September 2013. Milk During Pregnancy May Mean Taller Children. https://www.whattoexpect.com/wom/pregnancy/0916/milk-during-pregnancy-may-mean-taller-children.aspx

Christiano, Donna. Parents. How to Have A Smart Baby: Pregnancy Brain Power Boosters. http://www.parents.com/pregnancy/my-baby/smart-baby-brain-power-tips/

Sarah C. Bath, Suzanne Button and Margaret P. Rayman. 2011. Iodine Concentration of Organic and Conventional Milk: Implications for Iodine Intake. British Journal of Nutririon. http://www.ign.org/cm_data/2011_Bath_Iodine_conc_of_organic_and_conventional_milk_Implications_for_iodine_intake_BJN.pdf

 

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+