Selamat atas kelahirannya ya, Ma! Ibu kini dapat bertemu dengan si Kecil yang telah Ibu tunggu selama sembilan bulan. Kini saatnya memberikan si Kecil perawatan terbaik dengan ASI eksklusif selama enam bulan ke depan dan tetap melanjutkan menyusui si Kecil hingga dua tahun.

Agar Ibu bisa selalu memberikan ASI eksklusif dan dapat merawat si Kecil setiap saat, pertama-tama Ibu harus selalu menjaga kesehatan diri sendiri. Banyak cara yang bisa Ibu lakukan untuk menjaga tubuh agar selalu fit, salah satunya adalah dengan meminum susu.

Susu untuk Ibu yang sedang menyusui mengandung nutrisi-nutrisi penting yang tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, tapi juga mendukung kelancaran produksi ASI yang diperlukan si Kecil. Contohnya, dalam susu menyusui terdapat kandungan kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, yodium, zink dan zat besi. Selain mineral penting tersebut, ada pula susu menyusui yang mengandung ekstrak daun katuk.

Daun katuk telah lama dikenal sebagai tumbuhan yang sangat baik dikonsumsi oleh Ibu menyusui karena dapat memperbanyak dan melancarkan produksi ASI. Daun katuk mengandung laktagagum, asam amino, saponin, flavoid, tanin dan triterpenoid yang dapat meningkatkan produksi ASI. Selain senyawa tersebut, daun katuk juga mengandung steroid dan polifenol, senyawa yang dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin dalam tubuh Ibu. Hormon ini sangat bermanfaat bagi kesehatan Ibu pasca persalinan.

Tidak hanya itu, Ibu yang baru menjalani proses persalinan membutuhkan banyak protein untuk membangun kembali sel-sel tubuh yang rusak. Ibu membutuhkan sekitar 60-70 gram asupan protein tiap hari setelah si Kecil lahir. Meski melelahkan, kegiatan merawat si Kecil yang Ibu cintai pasti menjadi momen membahagiakan bagi Ibu dan Ayah.

Di masa menyusui ini, tubuh Ibu membutuhkan kalori tambahan sekitar 500 Kkal setiap harinya agar Ibu tetap berenergi dan dapat merawat si Kecil dengan optimal. Selain bisa didapat dari daging, ikan, telur, tahu dan tempe, tambahan kalori dan juga protein yang meningkat di masa menyusui ini bisa Ibu peroleh dari konsumsi dua gelas susu setiap hari agar kondisi kesehatan Ibu tetap fit.

 

Sumber:

Dina Christin. Mother & Baby Indonesia. Sahabat Ibu, Jalani Kehamilan dan Menyusui. Panduan Makan yang Tepat, hal. 50

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+