Selamat atas kelahirannya ya, Ma! Mama kini dapat bertemu dengan si Kecil yang telah Mama tunggu selama sembilan bulan. Kini saatnya memberikan si Kecil perawatan terbaik dengan ASI eksklusif selama enam bulan ke depan dan tetap melanjutkan menyusui si Kecil hingga dua tahun.

Agar Mama bisa selalu memberikan ASI eksklusif dan dapat merawat si Kecil setiap saat, pertama-tama Mama harus selalu menjaga kesehatan diri sendiri. Banyak cara yang bisa Mama lakukan untuk menjaga tubuh agar selalu fit, salah satunya adalah dengan meminum susu.

Susu untuk Mama yang sedang menyusui mengandung nutrisi-nutrisi penting yang tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, tapi juga mendukung kelancaran produksi ASI yang diperlukan si Kecil. Contohnya, dalam susu menyusui terdapat kandungan kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, yodium, zink dan zat besi. Selain mineral penting tersebut, ada pula susu menyusui yang mengandung ekstrak daun katuk.

Daun katuk telah lama dikenal sebagai tumbuhan yang sangat baik dikonsumsi oleh Mama menyusui karena dapat memperbanyak dan melancarkan produksi ASI. Daun katuk mengandung laktagagum, asam amino, saponin, flavoid, tanin dan triterpenoid yang dapat meningkatkan produksi ASI. Selain senyawa tersebut, daun katuk juga mengandung steroid dan polifenol, senyawa yang dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin dalam tubuh Mama. Hormon ini sangat bermanfaat bagi kesehatan Mama pasca persalinan.

Tidak hanya itu, Mama yang baru menjalani proses persalinan membutuhkan banyak protein untuk membangun kembali sel-sel tubuh yang rusak. Mama membutuhkan sekitar 60-70 gram asupan protein tiap hari setelah si Kecil lahir. Meski melelahkan, kegiatan merawat si Kecil yang Mama cintai pasti menjadi momen membahagiakan bagi Mama dan Papa.

Di masa menyusui ini, tubuh Mama membutuhkan kalori tambahan sekitar 500 Kkal setiap harinya agar Mama tetap berenergi dan dapat merawat si Kecil dengan optimal. Selain bisa didapat dari daging, ikan, telur, tahu dan tempe, tambahan kalori dan juga protein yang meningkat di masa menyusui ini bisa Mama peroleh dari konsumsi dua gelas susu setiap hari agar kondisi kesehatan Mama tetap fit.

 

Sumber:

Dina Christin. Mother & Baby Indonesia. Sahabat Mama, Jalani Kehamilan dan Menyusui. Panduan Makan yang Tepat, hal. 50

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+