Memasuki trimester kedua dan ketiga kehamilan, Ibu jangan kaget dengan perubahan kulit yang terjadi. Ketika Ibu sedang berkaca sambil melihat perut yang semakin membesar, maka umumnya akan terlihat garis kehitaman atau coklat mulai dari pusar kearah bawah, garis inilah yang biasa disebut sebagai linea negra.

Garis kehitaman ini muncul dikarenakan melanosit yang menyebabkan warna kulit berubah menjadi lebih gelap. Hormon melanosit ini adalah hormon yang dihasilkan oleh ari-ari, dan ini adalah hal yang biasa terjadi pada kehamilan. Tidak semua Ibu mengalami linea negra ketika hamil, tapi kebanyakan  Ibu akan mengalami perubahan warna kulit tersebut.

Saat sebelum hamil, garis kehitaman ini jika diperhatikan berwarna putih atau biasa di sebut sebagai linea alba. Linea negra terlihat lebih jelas pada Ibu yang berwarna kulit gelap, karena adanya extra melanin.

Dengan adanya linea negra ini Ibu jangan khawatir, garis hitam ini akan menghilang setelah kehamilan selesai, walau ada kasus dimana linea negra  masih ada setelah kehamilan, tetapi berangsur-angsur menipis dan kembali ke warna semula yaitu garis putih yang disebut linea alba.

Itulah penjelasan mengenai si garis hitam yang membelah perut, tetaplah menjaga kulit di saat kehamilan terutama pada bagian perut dengan menjaga kulit agar tetap lembab dan tidak kering, sehingga setelah kehamiln selesai linea negra menipis dan perut Ibu akan berubah kembali seperti semula.

 

Sumber :

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+