Mama yang sedang hamil di trimester pertama tentunya ingin memastikan semua hidangan yang mereka konsumsi mempunyai gizi yang bermanfaat bagi janin. Karena selain penting bagi calon buah hati, makanan bervitamin juga bermanfaat untuk menghindari risiko kematian dan cacat lahir.

 

Dengan demikian, Mama hamil mendambakan sumber makanan yang sehat untuk dikonsumsi pada trimester pertama. Salah satu hal yang perlu disadari, Mama hamil wajib mengkonsumsi protein untuk asupan dalam tubuh. Protein yang bisa didapat dari daging, telur, susu, kacang, produk kedelai (tahu) memiliki banyak manfaat untuk membantu Mama hamil melewati trimester pertama dan membuat janin menjadi sehat.

 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat asupan protein untuk kehamilan trimester pertama.

 

  • Menstabilkan Gula Darah

Beberapa wanita yang berada dalam masa kehamilan mempunyai kecenderungan untuk terjangkit diabetes gestational. Protein yang dikonsumsi membantu menstabilkan gula dalam darah Mama hamil dan membantu menjauhkan penyakit diabetes gestational dari tubuh mereka.

 

Mama hamil yang mengalami lonjakan gula darah biasanya akan mengalami gejala seperti pusing, pingsan, lesu, mual dan rasa lapar. Di sisi lain, ketika gula darah normal, Mama hamil akan merasa penuh energi ketika menjalani aktivitas.

 

  • Menguatkan dan Sehat

Plasenta atau dikenal dengan nama ari-ari terdapat dalam rahim dan berfungsi untuk memberikan nutrisi, oksigen dan sebagainya dari Mama hamil ke calon bayi. Plasenta adalah organ penting dan wajib dijaga kesehatannya. Saat Mama hamil, plasenta dibutuhkan protein karena mengandung asam amino yang dapat membuat plasenta menjadi kuat dan sehat.

  

  • Membentuk Organ dan Hormon

Protein yang dinikmati Mama hamil tidak hanya memperbaiki jaringan otot, tetapi juga sel-sel darah merah. Selain itu, protein juga memiliki peran besar terhadap organ-organ yang berkembang ketika trimester pertama, seperi rambut dan kuku yang tumbuh bersama dengan regulasi sekresi hormon dan pencernaan.

 

 

 

Sumber:

Chad. 2011. The Importance of Protein During Pregnancy. http://www.babystepsfit.com/blog/?p=196. (Diakses pada 16 Desember 2016)

Mommi.com. Why is protein important during pregnancy? http://mommi.com/education/protein-during-pregnancy/protein-important-pregnancy/. (Diakses pada tanggal 14 Desember 2016).

Whattoexpect.com. 8 Protein-Rich Foods for Pregnancy (Plus Great Ways to Eat Them!). http://www.whattoexpect.com/pregnancy/photo-gallery/8-protein-rich-foods-for-pregnancy-plus-great-ways-to-eat-them. (Diakses pada 16 Desember 2016).

Whattoexpect.com. Benefits of Protein During Pregnancy. http://www.whattoexpect.com/pregnancy/eating-well/week-37/protein.aspx. (Diakses pada 17 Desember 2016).

Zuliati, Bunda Eka. 2014. Keajaiban 9 Bulan 10 Hari. Jakarta: Penerbit Cakrawala.

 

045/2/2017

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+