Saat hamil, Ibu diharuskan untuk mengonsumsi makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Janin membutuhkan nutrisi yang cukup agar ia dapat tumbuh dan berkembang sempurna. Para ahli juga setuju bahwa mengonsumsi makanan sehat adalah cara terbaik untuk mendapatkan asupan vitamin. Mengingat tubuh tidak dapat menghasilkan vitamin, maka asupan yag mengandung vitamin sangat dibutuhkan karena fungsinya dalam membantu proses metabolisme. Vitamin D dan Kalsium merupakan salah satu kandungan nutrisi yang dibutuhkan Ibu hamil selama masa kehamilan. Ibu perlu memperhatikan asupan vitamin D dan kalsium yang berperan penting untuk kesehatan janin dan Ibu, yaitu:

  1. Menjaga fungsi kerja otot pada janin
  2. Membantu memelihara kekuatan tulang pada janin
  3. Membantu tubuh mengoptimalkan penyerapan Kalsium
  4. Dapat mendukung sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi virus
  5. Membantu dalam mencegah penyakit kanker
  6. Mencegah agar bayi tak lahir dengan berat rendah
  7. Baik untuk kesehatan gigi janin
  8. Mencegah bayi mengalami masalah pernafasan
  9. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan diabetes pada masa kehamilan.

 

Apa bahaya kekurangan vitamin D dan kalsium?

Kekurangan vitamin D selama masa kehamilan dapat berisiko menurunkan kadar kalsium pada tulang janin, bahkan dapat meningkatkan risiko bayi menderita rickets, yaitu kondisi kerapuhan pada tulang setelah ia lahir. Karena itulah mengapa vitamin D dan kalsium disebut memiliki peran penting dalam kesehatan tulang dan gigi janin.

 

Seberapa banyak asupan vitamin D yang dibutuhkan Ibu hamil?

Menurut Institute of Medicine menyarankan agar Ibu hamil mendapatkan 600 internasional unit (IU), namun tidak lebih dari 4000 IU per hari. Akan tetapi, banyak organisasi yang mangatakan bahwa 600 IU memang dapat mendukung kesehatan tulang, namun kadar tersebut tidak dapat mencukupi untuk mencegah penyakit lainnya. Kalsium juga berfungsi untuk membantu kekuatan Ibu hamil, terlebih lagi saat usia kandungan Ibu telah memasuki usia enam bulan ke atas. Kondisi perut Ibu yang semakin membesar, maka kebutuhan kalsium yang Ibu butuhkan juga bertambah untuk menopang beban yang cukup berat. Kondisi itulah yang menyebabkan Ibu hamil seringkali mengalami pegal, nyeri maupun kram di beberapa bagian tubuh. Meski demikian, perlu Ibu ketahui bahwa Ibu tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi vitamin D secara berlebihan karena dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada sistem ginjal dan saraf yang disebabkan oleh lonjakan kalsium dalam darah.

 

Sumber:

  • Lammi-Keefe, Carol J., Couch, Sarah J., Philipson, Elliot H. (2008). Handbook of Nutrition and Pregnancy. USA: Humana Press
  • Arisman. (2010). Gizi dalam Daur Kehidupan. Edisi Ke 2. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran. EGC
  • http://www.babycentre.co.uk/a1023146/vitamin-d-in-pregnancy
Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+