Kontraksi adalah saat-saat yang ditunggu oleh Ibu ketika masa kehamilan memasuki minggu ke 40. Bagi Ibu yang ingin melahirkan secara normal, bertambahnya hari bertambah juga kadar kecemasan karena batas waktu untuk mendapatkan kontraksi alami hanya 14 hari atau sampai usia janin juga 42 minggu.

Pada masa ini pula biasanya orang-orang di sekitar Ibu yang hamil tua bergantian memberikan saran untuk melancarkan proses kelahiran. Beberapa saran seperti minum minyak goreng, minyak jarak, atau minyak zaitun sepertinya agak jauh dari logika kedokteran. Karena mengkonsumsi minyak secara berlebihan akan mengakibatkan diare. Bila Ibu diare maka kemungkinan mengalami dehidrasi sangat tinggi. Lebih dari itu mengkonsumsi minyak sebanyak apapun tidak akan membuat jalan lahir menjadi licin dan memudahkan proses persalinan.

Meskipun tidak adasaran paling jitu – kecuali saran dokter - untukmembujukbayi segera keluar dari kandungan, namun beberapacara berikut ini bisa Ibu lakukan untuk merangsang kontraksi. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter sebelum Ibu melakukan induksi alami seperti yang berikut ini.

Jalan kaki

Aktivitas sederhana seperti berjalan kaki selama kehamilansedikit banyak akan membantu janin masuk ke dalam jalan lahir. Logikanya, gravitasi dan goyangan pinggul akan menarikbayike dalampanggul Ibu. Tekanan bayi pada panggul Ibu inilah yang akan membantu mempercepat terjadinya kontraksi. Selain itu berjalan kaki juga akan melatih fisik dan otot Ibu yang nantinya akan berguna dalam proses melahirkan. Dengan berjalan kaki Ibu juga bisa melakukan latihan pernafasan jika saat hamil tua, nafas Ibu pendek-pendek atau susah bernafas.

Seks

Seks adalah salah satu cara yang paling terkenal ampuh untuk memancing kontraksi karena dalam cairan semenbanyak terdapat prostaglandin. Hormon tersebut akan menyebabkan matangnya leher rahim, melunakkannya, danmelebarkanleher rahim. Saat menggunakan cara ini, sebaiknya Ibu tidak segera bangun atau angkat pinggul Ibu supaya cairan semen tetap berada di leher rahim.

Stimulasi puting

Daripada Ibu duduk diam dalam kondisi tegang dan cemas, tidak ada salahnya jika Ibu mencoba menginduksi diri dengan cara menstimulus puting. Memijat dan memutar puting susu Ibu selama beberapa menit sehari bisa mengeluarkan banyak hormon oksitosin. Jika cara tersebut dirasa terlalu vulgar, Ibu bisa meletakkan handuk kering yang hangat di atas payudara sekitar satu atau dua menit. Tidak disarankan untuk menstimulasi puting terus-menerus. Jika dalam 20 menit tidak terjadi kontraksi sebaiknya Ibu melakukannya lagi pada esok harinya.

Santai

Hal terbaik yang dapat Ibu lakukan untuk mendapatkan induksi alami adalah bersantai. Meditasi atau memusatkan pikiran untuk tidak cemas adalah salah satu caranya. Cara yang lain yang bisa membantu Ibu untuk santai adalah keyakinan bahwa jika bayi sudah siap untuk lahir maka secara alami dia akan melakukan tugasnya. Jika Ibu ingin melahirkan secara normal, inilah kuncinya, percayalah kepada bayi Ibu.  

Sumber:

  1. http://www.babycentre.co.uk/pregnancy/labourandbirth/planningyourbabysbirth/naturalbringonlabour/
  2. http://www.whattoexpect.com/pregnancy/photo-gallery/natural-ways-to-induce-labor.aspx#
Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+