Susu merupakan minuman bergizi tinggi ataupun banyak yang mengatakan bahwa susu merupakan minuman padat gizi, biasanya setelah kita minum susu terasa perut ini kenyang. Karena memang dalam susu mengandung nutrisi yang lengkap mengandung makronutrisi yaitu karbohidrat, protein dan lemak yang akan menghasilkan kalori sehingga setelah minum susu Ibu lebih segar dan bertenaga. Susu selain mengandung makronutrisi juga mengandung mikronutrisi yaitu vitamin dan mineral yang tentunya baik untuk kesehatan Ibu. Makanya banyak yang menganggap bahwa susu membuat Ibu menjadi gemuk, padahal susu membuat Ibu menjadi sehat

Salah satu zat nutrisi yang terkandung dalam susu adalah protein. Protein susu sangat baik untuk pertumbuhan sel, mengganti sel sel yang rusak karena protein yang terkandung dalam susu mengandung asam amino esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh tapi harus didapat dari luar tubuh yaitu dari makanan.

Selain itu kandungan kalsium yang terdapat dalam susu merupakan kalsium yang mudah dicerna. Kalsium sangat baik untuk kesehatan terutama kesehatan tulang dan gigi. Bagi Ibu yang sedang menyiapkan diri untuk hamil, cadangan kalsium haruslah cukup. Bagi Ibu yang suka minum susu dan hidup sehat tentunya mempunyai cadangan kalsium yang mencukupi. Kalsium sangat dibutuhkan bagi Ibu untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi si janin. Adakalanya selama Ibu hamil merasa sakit gigi, hal ini disebabkan kurangnya cadangan kalsium Ibu sehingga kalsium diambil dari bagian tersebut.

Selain itu kalsium sangat bermafaat bagi Ibu agar tulang Ibu kuat terhindar dari penyakit osteoporos atau rapuh tulang.

Selain kalsium masih ada beberapa zat nutrisi seperti zat besi. Zat besi biasa dikenal dengan iron sangatlah penting bagi kesehatan Ibu untuk mencegah anemia atau penyakit kurang darah merah. Zat besi merupakan bagian dalam pembentukan sel darah merah. Bila Ibu kekurangan zat besi Ibu akan merasa lemas, pusing, gampang ngantuk , merasa lesu kurang bertenaga.

Selain itu kandungan nutrisi pada susu masih banyak lagi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan Ibu. Beberapa vitamin seperti vitamin A dan vitamin B serta berbagai mineral seperti mangan, zink. Vitamin B9/ asam folat sangat dibutuhkan bagi Ibu yang merencanakan kehamilan.

Jadi begitu besar manfaat susu bagi kesehatan Ibu yang akan merencanakan kehamilan.

Bagimana dengan susu full cream yang tentunya rasanya lebih enak tapi bila dikonsumsi Ibu takut gemuk? Jadi hanya mengonsumsi susu rendah lemak? Tidak perlu khawatir Ibu, silakan mengkonsumsi susu full cream atau susu rendah lemak sesuai dengan rasa yang disukai Ibu, asal diminum tidak berlebihan.

Jadi bahagialah bagi Ibu yang suka minum susu, begitu besar manfaat susu untuk menunjang kehamilan, semoga kehamilan Ibu pun sehat.

Nah sekarang bagaimana dengan Ibu yang tidak suka susu? Ibu bisa mensiasatinya dengan membuat puding dicampur susu, ataupun santan pada kolak/ bubur kacang hijau dapat diganti dengan susu dengan rasa plain.

Jadi susu tidak membuat gemuk bila Ibu bijak mengkonsumsinya dengan tidak berlebihan, malah susu sangat bermanfaat bagi kesehatan Ibu yang saat ini sedang merencanakan kehamilannya.

Semoga bermanfaat ya Ibu.

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+