Bagi Ibu yang baru saja menjalani kehamilan, munculnya spotting atau flek adalah hal yang normal. Munculnya spotting atau flek ini biasanya menandakan bahwa sudah terjadi proses implantasi, yakni menempelnya sel telur yang sudah dibuahi di dinding rahim Ibu. Biasanya darah yang keluar saat spotting hanyalah berupa bercak darah berwarna kecoklatan dalam jumlah sedikit.

Namun, jika setelah Ibu positif mengetahui telah hamil lalu muncul darah dalam jumlah sangat banyak seperti pada saat menstruasi, Ibu harus waspada dan segera memeriksakannya ke dokter spesialis kandungan, karena Ibu bisa saja mengalami salah satu dari kondisi berikut.

Keguguran

Jika usia kehamilan kurang dari 20 minggu dan Ibu mengalami pendarahan hebat, tidak seperti flek dan disertai dengan kram perut, Ibu sebaiknya segera mengecek kondisi ke dokter spesialis kandungan karena gejala tersebut bisa menandakan keguguran.

Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik atau kehamilan yang terjadi di luar rahim juga bisa menjadi penyebab Ibu mengalami pendarahan di trimester pertama. Jika Ibu mengalami kehamilan jenis ini, janin tentu tidak dapat berkembang dengan normal sehingga berdampak pula pada keselamatan Ibu. Segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan medis ya, Bu.

Plasenta previa

Pendarahan yang terjadi di masa kehamilan trimester kedua dan ketiga bisa menandakan gejala plasenta previa, yaitu kelainan dimana plasenta tumbuh di bawah rahim Ibu dan menutup sebagian atau keseluruhan leher rahim atau serviks. Jika kondisi ini terjadi, si Kecil di dalam rahim tidak dapat keluar melalui persalinan normal dan Ibu diharuskan menjalani operasi Caesar jika pendarahan hebat terjadi terus-menerus.

Kelahiran prematur

Jika di trimester ketiga kehamilan Ibu mengalami keputihan yang disertai dengan darah dalam jumlah banyak, diikuti dengan kontraksi, diare, sakit pada pinggul atau punggung khususnya sebelum menginjak usia kehamilan 37 minggu, kondisi itu bisa menandakan bahwa Ibu harus melahirkan prematur. Periksakan kandungan Ibu ke dokter untuk memonitor kontraksi dan untuk melihat apakah leher rahim Ibu mengalami perubahan.

 

Sumber:

The American College of Obstetricians and Gynecologists. Bleeding During Pregnancy. July 2016. https://www.acog.org/Patients/FAQs/Bleeding-During-Pregnancy 

The American College of Obstetricians and Gynecologists. Preterm (Premature) Labor and Birth. November 2016. https://www.acog.org/Patients/FAQs/Preterm-Premature-Labor-and-Birth#what

 

CVM 02-505/8/2018

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+