Menjelang kelahiran si Kecil, setiap Ibu pasti mengharapkan dapat menjalani masa menyusui yang lancar tanpa hambatan berarti. Meski umumnya Ibu dapat memberikan ASI dan menjalani masa menyusui dengan baik, ada beberapa kondisi yang menyebabkan sebagian Ibu mengalami kesulitan menyusui si Kecil, salah satunya adalah hipoplasia payudara.

Apa itu hipoplasia payudara?

Hipoplasia payudara adalah suatu kondisi di mana payudara tidak memiliki jaringan glandular yang berfungsi untuk memproduksi ASI. Kondisi yang juga dikenal dengan sebutan IGT (Insufficient Glandular Tissue) ini disebabkan oleh kelainan hormonal dan penggunaan alat kontrasepsi di masa puber. Selain itu, sebuah studi yang dilakukan Ruthan A. Rudel dan timnya dari Silent Spring Institute AS pernah menunjukkan bahwa hipoplasia payudara dipicu pula oleh pencemaran lingkungan yang sangat kronis.

Ciri-ciri hipoplasia payudara

Ibu yang memiliki hipoplasia payudara bisa diketahui dari ciri pada payudaranya, yaitu:

  • Jarak antar payudara cukup besar (lebih dari 4cm)
  • Bentuk payudara asimetris, satu payudara lebih besar dari yang lain
  • Bentuk payudara seperti tabung (tidak bulat tapi memanjang)
  • Areola (area gelap di sekeliling puting) gelap dan sangat besar
  • Tidak mengalami perubahan payudara saat hamil atau setelah melahirkan

Banyak Ibu khawatir jika ukuran payudara yang kecil adalah tanda hipoplasia payudara. Hal itu tidak benar. Menurut Asosiasi Menyusui Australia, ukuran payudara yang kecil tidak memengaruhi risiko hipoplasia. Ini karena ukuran payudara dipengaruhi oleh jumlah jaringan lemak sedangkan hipoplasia dipengaruhi oleh jumlah jaringan glandular pada payudara.

Selain itu, perlu diingat bahwa Ibu yang memiliki salah satu atau dua dari ciri payudara di atas tidak selalu berisiko mengalami hipoplasia payudara. Sebagian besar Ibu masih dapat memberikan ASI dengan lancar meski bentuk payudaranya asimetris atau areolanya sangat besar. Konsultasikan kepada dokter atau konsultan laktasi tentang ciri payudara yang Ibu khawatirkan untuk memastikan Ibu tidak mengalami hipoplasia dan dapat memberikan ASI untuk si Kecil dengan lancar kelak. Tetap semangat ya, Bu!


Sumber:

Australian Breastfeeding Association. August 2017. Insufficient Glandular Tissue (Breast Hypoplasia). https://www.breastfeeding.asn.au/bfinfo/insufficient-glandular-tissue-breast-hypoplasia

Rudel, A. Ruthenn et al. 2011. Environmental Exposures and Mammary Gland Development: State of The Science, Public Health Implications and Research Recommendations. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3237346/

CVM 02-505/8/2018

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+