Pernahkah Ibu mendengar tentang toksoplasmosis? Toksoplasmosis adalah infeksi yang ditularkan oleh parasit toksoplasma gondii dan sangat berbahaya bagi Ibu yang sedang hamil. Jika terinfeksi, parasit ini bisa memengaruhi plasenta dan juga si Kecil di dalam kandungan.

Dampak Infeksi Toksoplasma

Pada umumnya, orang sehat yang terinfeksi parasit toksoplasma tidak terlihat mengalami gangguan berarti. Sistem imunitas tubuh bisa melawan parasit toksoplasma sehingga tubuh mengalami gejala seperti flu, yakni pusing, tubuh terasa nyeri, demam dan kelelahan. Parasit toksoplasma akan sangat berbahaya jika menginfeksi Ibu yang sedang hamil, karena dapat menyebabkan janin mengalami gangguan pembentukan mata, otak, jantung, atau paru-paru.

Parasit toksoplasma bisa tersebar dan menjangkiti Ibu melalui perpindahan dari tempat inangnya, yaitu kucing atau hewan lain yang terinfeksi seperti kambing atau domba. Kucing digolongkan sebagai inang primer untuk parasit toksoplasma, di mana parasit ini bisa tumbuh di tubuh kucing dalam periode yang lama dan dikeluarkan melalui fesesnya. Namun, Ibu yang memelihara kucing tidak perlu khawatir. Selama kucing peliharaan Ibu selalu diberi makanan matang atau makanan khusus kucing dan tidak makan daging mentah seperti tikus atau burung, potensi kucing memiliki parasit toksoplasma dalam tubuhnya sangat kecil.

Mencegah Infeksi Toksoplasma

Perpindahan parasit bisa terjadi jika Ibu menyentuh feses kucing yang terinfeksi, memegang tanah atau meminum air yang terkontaminasi, atau memakan daging terinfeksi toksoplasma yang tidak dimasak  hingga matang. Dengan begitu, Ibu dapat mencegah terjadinya infeksi dengan cara berikut:

  • selalu mencuci tangan sebelum makan atau minum,
  • menghindari membersihkan kotoran kucing,
  • selalu memasak atau mengonsumsi daging matang,
  • menjaga kebersihan peralatan makan yang Ibu gunakan, karena parasit toksoplasma bisa saja menempel dari daging mentah yang terkontaminasi.

Pencegahan infeksi toksoplasma juga bisa dilakukan sejak sebelum hamil, yaitu dengan vaksinasi TORCH (penyakit yang disebabkan parasit toksoplasma, rubella, cytomegalovirus dan herpes). Terakhir, salah satu cara ampuh untuk mencegah infeksi toksoplasma dan juga penyakit lain akibat infeksi virus dan parasit selama kehamilan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Rajinlah mencuci tangan setiap sebelum makan, minum, atau sekadar memegang makanan. Jika Ibu hobi berkebun, mencuci tangan merupakan hal yang wajib untuk mencegah infeksi tokso dari tanah yang mungkin terkontaminasi dengan feses kucing.

 

Sumber:

Sri Wahyuni. Toxoplasmosis dalam Kehamilan. Jurnal Litbang Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang. Vol.9 No.1 Juni 2013. http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/blb/article/view/3298/3290

Healthline. Toxoplasmosis: Do You Know How  tpo Stay Safe? https://www.healthline.com/health/pregnancy/infections-toxoplasmosis#treatment

 

CVM: 02-226/4/2018

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+