Direview oleh: Budiarti

Bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan ampunan yang selalu dinanti oleh semua umat muslim. Semuanya berlomba-lomba melaksanakan ibadah  puasa bahkan tak sedikit orang yang kondisi badannya kurang sehat tetap ingin melakukan ibadah puasa. Akan tetapi, bagaimana dengan Mama yang sedang hamil ? Apakah tetap bisa menjalankan ibadah puasa?

Bila Mama sedang hamil dan tetap ingin melakukan ibadah puasa sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu hal tersebut pada  dokter kandungan. Tujuannya adalah agar Mama dan janin tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa dan tidak ada halangan yang berarti.  

Selain itu, sebaiknya Mama juga dapat menjaga kesehatan, agar daya tahan tubuh Mama kuat sehingga dapat melaksanakan ibadah puasa dengan hikmat dan menyenangkan. Demikian juga janin dalam kandungan Mama pun tetap sehat serta dapat tumbuh dan berkembang dengan baik

Setelah menjalankan ibadah puasa dengan tidak diperbolehkan mengonsumsi apapun, termasuk air putih yang dilakukan mulai subuh hingga maghrib, saat berbuka puasa adalah saat yang sangat dinantikan apalagi bagi Mama hamil. Hal tersebut dikarenakan, saat hami, l Mama membutuhkan asupan yang lebih banyak dibandingkan yang tidak hamil. Oleh karena itu, Mama harus benar-benar memperhatikan pilihan makanan saat berbuka puasa.

Nah, berikut adalah beberapa menu yang perlu Mama perhatikan saat berbuka puasa:  

  1. Saat berbuka puasa makanlah jenis karbohidrat sederhana, sehingga dapat menormalkan gula darah Mama setelah berpuasa penuh. Karbohidrat sederhana yang selalu ada dan mudah didapat di sekitar mama adalah   gula. Jadi untuk berbuka puasa Mama dapat minum teh manis hangat, kolak  atau kurma.
  2. Minum susu dan yogurt dapat menjadi alternatif. Namun, minumlah susu selagi masih hangat ya Ma. Agar dapat menstabilkan kembali keadaan tubuh Mama yang seharian sudah menjalankan ibadah puasa.
  3. Bolehkah Mama mengonsumsi kue manis, gorengan atau es kelapa muda? Mama boleh mengonsumsi makanan dan minuman tersebut, akan tetapi setelah Mama berbuka puasa dengan teh manis hangat. Selain itu, saat mengonsumsinya Mama juga harus tetap dengan porsi secukupnya,  tidak boleh berlebihan. Karena bila berlebihan dapat mengakibatkan perut Mama menjadi kembung. Disarankan, Mama mengonsumsi makanan dengan porsi yang kecil tapi sering.
  4. Untuk makanan utama, Mama dapat menyantapnya setelah ada jeda dengan makanan berbuka puasa. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang di lambung agar tidak terlalu penuh. Sehingga Mama dapat menyantap makanan utama dengan nyaman. Akan tetapi, ada beberapa Mama yang berbuka puasa setelah minum teh manis hangat langsung menyantap menu makanan utama. Biasanya, hal tersebut dilakukan oleh Mama yang sudah terbiasa. Tapi sebaiknya Mama mengonsumsi makanan dalam porsi yang sedikit terlebih dulu  dan tidak berlebihan, baru menyantap menu utama.
  5. Prinsip menu makanan utama adalah nutrisi seimbang, jadi harus ada  karbohidrat, protein dan lemak serta vitamin dan mineral. Untuk menu utama, sebaiknya  mengonsumsi karbohidrat komplek karena dapat membuat Mama kenyang lebih lama. Contoh karbohidrat komplek adalah nasi merah dan  roti gandum.
  6. Daging sapi, daging ayam, telur dan ikan memiliki kandungan protein yang sangat dibutuhkan oleh mama hamil yang sedang berpuasa, karena protein dapat membuat mama dan janin tumbuh dan berkembang secara optimal. Serta dapat menghindari Mama dari risiko anemia. Sedangkan mama disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi gorengan atau makanan yang bersantan, terlebih lagi saat sahur.
  7. Banyaklah mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang sangat mendukung kesehatan Mama dan janin. Selain itu, buah dan sayur juga baik untuk kesehatan kulit Mama. Sehingga Mama akan tampak segar saat berpuasa. Tak hanya itu, sayuran dan buah juga banyak mengandung serat sehingga dapat menyehatkan sistem pencernaan Mama. Bahkan, sayur dan buah-buahan juga mengandung berbagai zat gizi seperti vitamin C, zat besi, asam folat yang tentunya diperlukan untuk kesehatan Mama dan janin.
  8. Perbanyak minum air putih agar Mama terhindar dari dehidrasi saat berpuasa. Beberapa ciri dehidrasi adalah sering ngantuk, lemas, bibir kering.

Undangan berbuka puasa bersama teman-teman maupun keluarga tidak akan bisa dihindarkan walaupun Mama sedang hamil. Karena itu, ada beberapa hal yang perlu Mama perhatikan untuk menghindari dari hal yang tidak diinginkan, seperti tidak mengonsumsi makanan buffet yang telah lama dihidangkan, atau dipanaskan karena dikhawatirkan ada bakteri yang sudah berkembang di makanan tersebut. Selain itu hindari makanan yang mengandung telur mentah, daging mentah atau ikan mentah.

Lalu, bagaimana dengan minuman yang mengandung kafein seperti kopi,  teh, atau minuman bersoda? Mama tetap diperbolehkan untuk mengonsumsinya asalkan tidak berlebihan yaitu cukup satu cangkir saja bila mama sangat ingin meminumnya. Semoga membantu!

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+