Direview oleh: Budiarti

Saat hamil, perubahan hormon dan membesarnya ukuran perut dapat menyebabkan Mama mengalami sembelit, sehingga sulit buang air besar. Untuk mengatasi hal ini tanpa bantuan obat-obatan yang dapat membahayakan kehamilan, diperlukan penyesuaian pola makan dengan memperbanyak konsumsi makanan kaya serat.

Serat yang diperlukan agar pencernaan lancar, bisa dikonsumsi dari beberapa jenis makanan, antara lain.

1. Walnut, 75 gram (dua genggaman tangan), atau setara dengan semangkuk setengah walnut dalam seminggu.

Kacang-kacangan, terutama walnut, kaya akan kandungan serat dan lemak yang menyehatkan. Walnut baik untuk dikonsumsi sebagai camilan selama kehamilan.

2. Manisan aprikot kering, setengah mangkuk sehari untuk memenuhi 19 persen kebutuhan serat tubuh.

Manisan buah aprikot yang dikeringkan, dapat memperlancar pencernaan yang melambat kerjanya sehingga sembelit terjadi. Selain itu, manisan aprikot kering pun mengandung zat besi yang diperlukan oleh Mama selama kehamilan.

3. Kacang-kacangan bangsa legume, semangkuk sehari.

Jenis kacang-kacangan, seperti kacang merah yang enak dijadikan sup merupakan makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan selama kehamilan.

4. Buah berry, semangkuk atau sekitar 10 biji sehari untuk 8 gram serat.

Jenis buah-buahan berry seperti bluberi dan stroberi mengandung banyak serat untuk memicu pergerakan di dalam pencernaan dan mengeluarkan sisa makanan dari dalam pencernaan. Selain itu, kandungan antioksidan dan vitamin yang ada di dalamnya pun sangat baik untuk kesehatan Mama yang sedang hamil.

5. Beras cokelat, setengah mangkuk dalam sehari untuk dua gram serat.

Beras cokelat lebih menyehatkan dibanding nasi putih, karena lebih banyak mengandung serat yang baik bagi pencernaan.

6. Perbanyak konsumsi buah, dua hingga tiga macam buah per hari, masing-masing 2 buah.

Buah merupakan sumber utama serat dan merupakan jenis makanan yang mengenyangkan, menyegarkan dan menyehatkan. Sari yang ada di dalam buah juga dapat mengatasi dehidrasi. Konsumsi buah bersama dengan kulitnya, karena bagian yang keras dari buah tersebut dapat membantu memberikan tambahan serat yang menyehatkan pencernaan. Imbangi juga dengan sayur-sayuran hijau yang segar. Konsumsi buah dan sayuran sebanyaka 25 hingga 35 gram setiap harinya.

7. Popcorn, tiga mangkuk untuk 2 gram serat bagi tubuh.

Camilan berupa berondong jagung juga mengandung banyak serat lho. Olah popcorn menggunakan margarin dengan kadar kolesterol rendah, agar kesehatan Mama tetap terjaga.

Makanan yang harus dihindari agar tidak terjadi sembelit adalah beras olahan seperti beras bahan nasi putih, sereal dan pasta olahan. Meski demikian, jika sebelumnya Mama yang sedang hamil tidak terbiasa mengonsumsi makanan kaya serat, lakukan pembiasaan secara perlahan. Hal ini diperlukan agar makanan kaya serat tidak malah menjadi bumerang penyebab gas pada perut. Untuk mencegahnya, berikut hal-hal yang dapat Mama lakukan.

  • Masukkan makanan-makanan kaya serat secara perlahan dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sebagai contoh, masukkan brokoli rebus dan nasi cokelat dengan ayam, jangan berlebihan menambahi makanan kaya serat secara langsung dengan menumpuk banyak sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Biarkan tubuh Mama terbiasa terlebih dahulu.
  • Untuk menghindari sembelit, jangan makan dengan porsi terlalu besar dalam sekali waktu. Makanlah enam kali sehari dengan porsi kecil-kecil untuk menggantikan makan tiga kali sehari dengan porsi besar. Dengan cara ini, Mama dapat menghindari kembung pada pencernaan.
  • Jangan lupa minum banyak air, minimal delapan gelas sehari. Imbangi dengan jus buah prem yang merupakan jenis minuman pencahar alami.
  • Konsumsi vitamin kehamilan juga dapat menyebabkan sembelit pada wanita. Konsultasikan kandungan pada suplemen yang Anda minum pada dokter kandungan Anda untuk menghindari sembelit.
  • Imbangi juga dengan berolahraga rutin selama kehamilan, seperti berjalan selama 10 menit setelah banyak makan makanan berserat.
  • Selalu konsultasikan terlebih dahulu berbagai obat yang ingin Mama¬†konsumsi.¬†
Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+