Pentingnya Persiapan Awal Kehamilan

Mama yang sedang mempersiapkan kehamilan perlu asupan nutrisi penting untuk bekal Mama saat kehamilan nanti. Pasalnya ketika Mama mengalami morning sickness dan kehilangan nafsu makan, Mama tidak perlu khawatir karena sudah memiliki bekal nutrisi penting sejak masa persiapan kehamilan.

 

Kenali Jenis-Jenis Nutrisi Penting dalam Persiapan Kehamilan Pertama

Nutrisi penting apa saja yang perlu dipenuhi sejak masa persiapan kehamilan?

  • Asam Folat

Nutrisi penting untuk persiapan kehamilan yang pertama adalah asam folat. Asam folat berperan dalam membantu metabolisme pada pembuahan. Mama bisa mendapatkan asam folat dari makanan atau vitamin asam folat. Makanan yang mengandung asam folat adalah kuning telur dan kacang-kacangan.

  • Vitamin B6

Selain asam folat, asupan vitamin B6 juga penting untuk Mama karena berperan dalam mengatur hormon reproduksi. Vitamin B6 bisa Mama dapatkan dari:

  1. Sereal
  2. Gandum
  3. Kacang-kacangan
  4. Sayuran hijau
  • Zat Besi

Apabila Mama mengalami anemia, penuhi kebutuhan asupan zat besi. Zat besi adalah nutrisi penting untuk meningkatkan sel darah merah dan sangat vital dalam proses persiapan kehamilan. Sangat mudah mendapatkan zat besi, yaitu dengan mengonsumsi daging merah dari sapi, domba atau kambing, daging ayam, kacang-kacangan dan sayur bayam. Mama bisa variasikan atau mengganti menu setiap harinya supaya tidak bosan.

  • Vitamin C

Nutrisi lainnya yang dibutukan Mama dalam persiapan kehamilan adalan vitamin C. Mama pasti tidak asing dengan nutrisi ini. Vitamin C berperan dalam meningkatkan penyerapan zat besi. Selain itu, vitamin C juga sangat mendukung kesuburan Mama dan Papa. Dapatkan vitamin C dari buah-buahan yang bisa dijadikan camilan sehat, seperti jeruk, pepaya, mangga, jambu biji, buah kiwi, stroberi, apel dan buah lainnya.

 

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi selama persiapan kehamilan, Mama perlu minum 8-10 gelas air per hari. Air memudahkan tubuh menyerap nutrisi dari makanan-makanan yang Mama konsumsi dan meningkatkan produksi hormon-hormon kesuburan. Sekarang Mama bisa memulai dengan mengatur pola makan dan konsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting untuk persiapan kehamilan. Tetap semangat ya, Mama.

 

Sumber:
Blössner, Monika dan Mercedes de Onis. 2005. Malnutrition : Quantifying The Health Impact at National and Local Levels.
Ministry of Health. 2006. Food and Nutrition Guidelines for Healthy Pregnant and Breastfeeding Women: A background paper.
Materi Kultweet Budiarti

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+