Nutrisi diperoleh dari hasil pemecahan makanan atau yang sering disebut dengan sari makanan yang memiliki andil besar dalam menjaga kesehatan tubuh Ibu hamil, juga berguna untuk tumbuh kembang si Kecil agar dapat berkembang dengan optimal.

Tubuh memerlukan sumber energi, dan bisa didapatkan dari beberapa nutrisi yaitu karbohidrat, protein dan lemak. Para ahli dari The United States Department of Agriculture (USDA) merekomendasikan kebutuhan yang perlu Ibu hamil penuhi setiap harinya adalah sebagai berikut:

  • Karbohidrat

Seperti yang diketahui, karbohidrat merupakan sumber energi tubuh, terlebih bagi Ibu yang sedang hamil. Karena itulah, Ibu sangat membutuhkan karbohidrat agar tak mudah lelah. Setiap harinya, tubuh membutuhkan asupan kalori yang berasal dari karbohidrat sebanyak 45 - 65 persen. Ibu dapat memperoleh sumber karbohidrat dari sejumlah makanan pokok, seperti beras, gandum, sagu, jagung, umbi-umbian dan lainnya.

  • Protein

Tubuh membutuhkan protein untuk membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh pada janin seperti otot, tulang, mata kulit, jantung dan hati. Oleh karena itu, Ibu hamil membutuhkan Protein sekitar 60 gram setiap harinya. Ibu bisa mendapatkan sumber protein dari telur, susu, kedelai, daging, kacang-kacangan, ikan dan lainnya.

  • Lemak

Lemak berfungsi untuk menyimpan kelebihan energi yang berasal dari makanan. Oleh karena itu, lemak sangatlah penting untuk membuat tubuh tetap sehat. Per hari, Ibu membutuhkan asupan lemak sebanyak 20 – 30 persen. Ibu dapat memperoleh makanan sumber lemak dari susu, telur, kelapa, kacang-kacangan dan lainnya.

 

Sumber:

  • Materi Kultweet Budiarti 22 Sept 2015
  • Lammi-Keefe, Carol J., Couch, Sarah J., Philipson, Elliot H. (2008). Handbook of Nutrition and Pregnancy. USA: Humana Press
  • Almatsier S. (2011). Prinsip dasar ilmu gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama;.
  • Waryana. (2010). Gizi reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Rihana
Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+