Mendapat kabar bahwa Ibu hamil dan memasuki minggu ketiga bisa menjadi hadiah indah untuk Ayah. Terlebih lagi apabila kehamilan memang sudah direncanakan. Terbesit di benak Ayah, “apa yang harus saya lakukan selanjutnya?” Hal yang perlu Ayah ketahui, ketika Ibu hamil trimester pertama, Ibu akan lebih sensitif karena pengaruh dari hormon progesteron yang meningkat. Ada beberapa gejala kehamilan lainnya yang bisa terjadi di kehamilan trimester pertama, seperti mual, muntah, susah tidur, mudah pusing dan mood swing. Gejala kehamilan tiap Ibu akan berbeda. Apabila Ibu tidak mengalami morning sickness, Ayah tidak perlu khawatir. Namun, jika Ibu mengalaminya, jangan panik. Selalu beri perhatian untuk Ibu supaya Ibu tidak merasa sendiri dan tenang karena memiliki pendamping yang selalu ada.

 

Beberapa panduan untuk Ayah saat Ibu hamil trimester awal:

 

  • Perhatikan kebutuhan nutrisi Ibu

Memasuki trimester pertama, minggu 3-4 kehamilan adalah masa pembentukan organ-organ penting pada janin. Pada masa ini, dibutuhkan nutrisi-nutrisi yang berperan membantu pembentukan organ janin, seperti asam folat, vitamin D, zat besi dan kalsium. Pastikan makanan dan minuman yang Ibu konsumsi mengandung nutrisi-nutrisi tersebut. Selain itu, makanan yang mengandung protein tinggi juga sangat baik untuk Ibu. Protein dapat ditemukan pada daging merah, telur, ikan laut, kacang-kacangan dan susu. Makanan dengan nutrisi seimbang tidak hanya bermanfaat untuk janin, tetapi juga untuk meningkatkan energi Ibu dan dapat mengurangi mual dan muntah.

 

  • Konsultasi pada dokter atau bidan

Bagaimana kita bisa mengetahui kondisi janin di dalam kandungan? Tentunya Ayah dan Ibu selalu ingin tau perkembangan janin. Pemeriksaan kandungan rutin ke dokter atau bidan perlu dilakukan dan untuk kegiatan ini. Luangkan waktu Ayah untuk selalu menemani Ibu. Kedekatan hubungan Ayah dan Ibu sangat berpengaruh pada janin dan kecil kemungkinan terjadinya kematian dini pada janin apabila Ayah ikut andil dalam menjaga Ibu dan kandungannya.

 

  • Ketahui perubahan pada fisik Ibu

Di awal kehamilan biasanya payudara Ibu akan membesar karena proses persiapan ASI. Akibatnya Ibu bisa merasakan nyeri apabila payudara tersentuh. Pada masa ini, dukungan Ayah juga sangat dibutuhkan. Biarkan Ibu beristirahat supaya tubuhnya rileks dan terhindar dari stres.

 

Lalui setiap proses dengan hati yang senang. Selain memikirkan cara untuk menjaga Ibu, Ayah juga perlu perhatikan kesehatan. Makan yang teratur dan hindari stres karena kesehatan Ayah juga berpengaruh pada tumbuh kembang janin di kandungan Ibu.

 

Sumber:

Gearing, Robin Edward. Ted McNeill, Fernand A. Lozier. 2005. Father Involvement and Fetal Alcohol Spectrum Disorder: Developing Best Practices.http://www.motherisk.org/JFAS_documents/JFAS 5003F_e14.pdf. (Diakses pada 17 Oktober 2016)

Ministry of Health. 2006. Food and Nutrition Guidelines for Healthy Pregnant and Breastfeeding Women: A background paper.

O’Leary, Joann. 2015. Fathers/Partners: Psychological Adjustment During Pregnancy. http://infantcrier.mi-aimh.org/fatherspartners-psychological-adjustment-during-pregnancy. (Diakses pada 17 Oktober 2016)

 

 

461/12/2016

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+