Mengonsumsi makanan bernutrisi baik, vitamin tinggi atau suplemen merupakan bagian penting untuk kehamilan Mama, karena dengan nutrisi yang baik akan menghasilkan anak-anak yang “sempurna’ fisik maupun mentalnya.

Mama yang sedang hamil sebaiknya harus memilih-milih makanan yang bisa dikonsumsi atau berpola hidup sehat. Jika Mama makan sembarangan atau tidak bersih dan tidak sehat, akan berpengaruh bagi perkembangan janin, sebab makanan Mama juga akan menjadi makanan bayi.

Beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi Mama saat kehamilan adalah makanan yang kaya protein, buah-buahan, sayur-sayuran yang telah dicuci bersih dan berwarna hijau segar, kacang merah, beras merah, gandum, brokoli, yoghurt, susu, mentega dan lainnya.

Lalu makanan apa yang dilarang atau pantang dimakan oleh Mama yang sedang hamil? Mengapa tidak boleh dikonsumsi? Mama yang hamil sebaiknya mengurangi asupan gula, pemanis buatan, dan kafein seperti pada kopi, teh dan soft drink.

Mama yang biasa merokok dan minum alkohol, sebaiknya menghentikan kebiasaannya. Karena merokok dan minum minuman beralkohol akan menurunkan kemungkinan hamil sebesar 50% serta menurunkan kualitas dan kuantitas sperma. Makanan lain yang sebaiknya dihindari adalah:

  1. Mie instant:  untuk membuat makanan ini awet dan tahan lama, ada kandungan MSG di dalamnya. Mengonsumsi MSG secara berlebihan, diduga akan mengganggu pertumbuhan saraf janin dan menjadi salah satu pemicu penyakit gangguan saraf ketika anak lahir.
  2. Makanan dengan zat pewarna: umumnya zat pewarna mudah dilihat pada makanan kemasan. Karena itu, ketika memilih makanan dalam kemasan, lihat kandungan zat pewarna dalam komposisi makanannya.
  3. Makanan beku: sebaiknya Mama menghindari mengonsumsi makanan beku, karena diduga banyak mengandung garam dan, sementara Mama yang sedang hamil dilarang mengkonsumsi garam dan yang berlebihan.  Kalau pun ingin memakan makanan beku, sebaiknya dipilih makanan beku yang organik yang rendah garam dan lemak.
  4. Untuk Mama yang sedang hamil dan bekerja di kantor, masalah makan siang terkadang bisa menjadi masalah karena nafsu makan yang besar sementara waktu istirahat atau makan siang hanya sebentar, sehingga makanan cepat saji tak jarang menjadi pilihan. Sebagian besar makanan cepat saji terbuat dari daging olahan dan sayuran/selada , yang kemungkinan tidak segar dan bakterinya tidak terpantau. Karena itu, Mama hamil sebaiknya menghindari makanan beku, dan memeriksa label makanannya jika terpaksa mengkonsumsi.
  5. Menghindari makan daging mentah atau kurang matang seperti sate, steak, karena mengandung toksoplasmosis (sebuah parasit yang menyebabkan infeksi serius pada janin)
  6. Ikan tuna steak, ikan hiu, atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung  tingkat merkuri tinggi, dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dikonsumsi dalam jumlah besar.
  7. Sayuran mentah:  sebaiknya, Mama menghindari memakan sayuran yang disajikan mentah seperti lalapan atau selada. Sayuran yang tidak dimasak atau direbus terlebih dahulu, dikhawatirkan belum dicuci bersih dan mengandung kotoran, pestisida, toksoplasma dan bakteri listeria yang berbahaya bagi kehamilan.
  8. Telur mentah: makanan yang mengandung telur mentah harus dihindari karena mengandung salmonella. Seperti saus salad atau berbagai jenis mayones lainnya.
  9. Sushi: berasal dari ikan atau makanan laut. Meski makanan laut merupakan sumber protein, namun makanan laut mentah bisa menjadi sumber parasit dan bakteri berbahaya. Sebaiknya, Mama memilih daging yang sudah dimasak matang secara menyeluruh.

Penting diingat, makan adalah keharusan bagi Mama yang sedang hamil. Meski pada trisemester pertama, mungkin Mama mengalami kesulitan makan karena rasa mual dan muntah yang sering terjadi, namun tetaplah mengkonsumsi makanan, walau harus dipaksakan.

Dengan mengikuti pola makan empat sehat lima sempurna, memperbanyak variasi makanan, yang diolah dari bahan-bahan segar, mengonsumsi vitamin yang diberikan dokter kandungan. Kehamilan dan persalinan Mama akan berlangsung lancar, bayi dan sang Mama sehat tidak mengalami apa pun.(IJ)

Sumber:

  1. http://www.babycenter.com/0_10-fast-foods-a-pregnant-woman-could-love-and-five-to-avoid_1313899.bc
  2. Bayiku, Anakku, dr. Purnawati S. Pujiarto, SpAK, MMPed, Intisari 2005.
  3. Panduan Pintar Hamil dan Melahirkan, Dewi Cendika ZR dan Indarwati, Wahyu Media.
  4. http://www.makanansehat.web.id/2012/12/makanan-yang-jadi-pantangan-ibu-hamil.html
Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+