Saat sedang melakukan perencanaan kehamilan Ibu perlu melakukan berbagai persiapan, salah satunya adalah mempersiapkan tubuh yang sehat. Sehingga, memilih makanan yang tepat saat perencanaan kehamilan sangat penting dilakukan. Ibu perlu mengonsumsi makanan bernutrisi yang nantinya dapat membantu kesuksesan perencanaan kehamilan. Agar dapat meningkatkan kesuburan dan juga memperkuat persiapan tubuh Ibu untuk calon si Kecil, maka Ibu membutuhkan ADIK (Asam folat, vitamin D, Zat besi, Kalsium) sejak masa perencanaan kehamilan.

Selama ini, Ibu mengenal ADIK sebagai nutrisi esensial yang harus dipenuhi semasa kehamilan. Padahal, persiapan dini seperti mengonsumsi ADIK pada masa perencanaan kehamilan ternyata sangat baik untuk menyukseskan perencanaan kehamilan. Berikut, Nutrisi ADIK selama masa perencanaan kehamilan yang perlu Ibu ketahui:

  • Asam Folat

Jika Ibu merencanakan kehamilan dalam waktu dekat, maka Ibu harus pastikan untuk mengonsumsi asam folat yang terkandung di dalam suplemen dan vitamin prenatal yang sangat baik untuk kesuksesan perencanaan kehamilan. Asupan makanan kaya asam folat ini juga dapat Ibu peroleh dari sereal, sayuran, dan juga buah jeruk.

  • Vitamin D

Nutrisi kedua yang penting buat Ibu adalah vitamin D. Ibu perlu memastikan kecukupan vitamin D saat melakukan perencanaan kehamilan. Asupan vitamin D sangat penting selama perencanaan kehamilan. Kekurangan vitamin D bisa berakibat buruk, misalnya mempengaruhi siklus reproduksi Ibu  dan juga adanya risiko tingkat kesuburan rendah. Ibu dapat memperoleh vitamin D dalam kuning telur, hati ikan dan susu.

  • Zat Besi

Zat besi sangat penting dalam masa perencanan kehamilan. Kadar zat besi mama mungkin rendah karena siklus menstruasi bulanan yang dialaminya. Padahal zat besi sangat penting bagi Ibu untuk mempersiapkan kebutuhan janin saat hamil nanti. Sehingga Ibu dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan zat besi tubuh dengan mengonsumsi daging, ayam, ikan, sayuran seperti brokoli, sereal, pasta, roti dan lain sebagainya.

  • Kalsium

Kalsium juga sangat dibutuhkan dalam perencanaan kehamilan. Para ahli mengungkapkan bahwa kalsium adalah unsur penting dalam proses memicu pertumbuhan embrio. Sehingga lebih banyak kalsium dalam tubuh Ibu, maka akan semakin besar kemungkinan masa perencanaan kehamilan berhasil. Beberapa sumber kalsium yang bisa Ibu peroleh di antaranya, susu, yoghurt, sup brokoli, ikan salmon dan lain sebagainya.

Dengan memenuhi nutrisi ADIK dari masa perencanaan kehamilan, maka akan dapat membantu meningkatkan kemungkinan Ibu untuk segera hamil. Selamat mencoba!

 

Sumber:

  • Irab, Samuel .P. (2015). “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Waena Tahun 2013”. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan. 11(2), 101-112.
  • Asmirikardiman, A. Syamsinar. (2015). “Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Selama Kehamilan Di Wilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Makassar”. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(1), 698-717.
  • http://www.webmd.com/baby/guide/getting-started-on-getting-pregnant
Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+