Ibu yang pernah atau sedang menjalani kehamilan pasti sempat merasakan kekhawatiran berlebih di mana Ibu merasa harus memikir ulang segala tindakan yang akan dilakukan agar tidak membahayakan janin yang Ibu kandung. Dari mengatur posisi tidur yang nyaman hingga memilih makanan yang boleh dan tidak boleh Ibu konsumsi.

Kekhawatiran yang dirasakan, meski normal terjadi, harusnya tidak perlu Ibu risaukan. Ada cara untuk mencegah hal-hal yang tidak Ibu inginkan, seperti jatuh sakit, merasa terlalu stres hingga depresi, atau risiko lainnya yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Menerapkan gaya hidup sehat salah satunya bisa dilakukan dengan cara makan makanan bernutrisi seimbang. Nutrisi yang Ibu perlukan untuk mendukung kehamilan bisa didapat dari sayur dan buah-buahan, juga dari daging, telur, gandum, ragam ikan, dan lain sebagainya. Selain dari sumber makanan tersebut, nutrisi kehamilan penting bisa Ibu dapat dari rutin meminum susu. Ibu yang selangkah lebih maju perlu meminum susu kehamilan yang mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang janin seperti asam folat, vitamin D, zat besi dan kalsium.

Ibu bisa mendapatkan keempat nutrisi kehamilan tersebut dari susu. Kandungan tinggi asam folat dalam susu dapat membantu memelihara pertumbuhan dan perkembangan organ vital janin, seperti otak, jantung, hati dan organ sensori. Sementara kandungan vitamin D dan kalsium tinggi bisa membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, sehingga perkembangan tulang, otot dan gigi si Kecil semakin pesat. Bahkan, Ibu bisa melahirkan si Kecil yang bertubuh tinggi karena pesatnya pertumbuhan tulang yang didukung dari konsumsi susu. Ibu yang rutin mengonsumsi susu saat hamil bisa terhindar dari gangguan morning sickness atau komplikasi kehamilan. Kandungan zat besi dalam susu bisa membantu produksi sel darah merah, di mana saat hamil, Ibu membutuhkan lebih banyak sel darah untuk mencukupi perkembangan janin.

 

Sumber:

Dina Christin. Mother & Baby Indonesia. Sahabat Ibu, Jalani Kehamilan dan Menyusui. Panduan Makan yang Tepat, hal. 50

Mazel, Sharon. What to Expect. September 2013. Milk During Pregnancy May Mean Taller Children. https://www.whattoexpect.com/wom/pregnancy/0916/milk-during-pregnancy-may-mean-taller-children.aspx

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+