Selamat atas kelahiran si Kecil, Ma. Kini Ibu akan memulai babak baru yakni masa menyusui. Ibu yang berkomitmen untuk memberikan ASI eksklusif untuk si Kecil harus selalu mengusahakan agar proses menyusu berjalan dengan lancar. Salah satu caranya adalah dengan meminum susu agar tetap sehat.

Susu untuk Ibu menyusui biasanya dibuat dengan formula yang mengandung kalsium, zat besi dan vitamin untuk mendukung kebutuhan nutrisi Ibu agar tetap sehat menjalani masa menyusui. Lebih jauh lagi, asupan nutrisi penting yang dikonsumsi Ibu melalui makanan sehat dan juga susu akan disalurkan kepada si Kecil melalui ASI yang Ibu berikan, sehingga tumbuh kembang si Kecil pun semakin optimal.

Di masa menyusui, Ibu membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1000 hingga 1300 mg setiap harinya.  Kebutuhan akan kalsium ini bisa Ibu penuhi dengan mengonsumsi ikan ikan, sayuran hijau dan juga kacang kedelai. Namun, sumber kalsium tertinggi bisa Ibu temukan dalam satu gelas susu. Terdapat kandungan 300 mg kalsium dalam susu yang sangat baik untuk kesehatan Ibu dan juga tumbuh kembang si Kecil. Maka dari itu, Ibu disarankan untuk meminum dua gelas susu setiap hari agar kebutuhan kalsium Ibu selalu terpenuhi.

Selain kalsium, susu untuk Ibu yang sedang menyusui juga mengandung vitamin B6 dalam jumlah tinggi. Vitamin yang termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks ini bermanfaat untuk menjaga tubuh Ibu agar tetap berenergi dan tidak mudah sakit, dengan cara memelihara metabolisme sel darah merah, sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh. Berdasarkan AKG tahun 2013, Ibu membutuhkan sedikitnya 1,9 mg vitamin B6 (piridoksin) selama masa menyusui. Jumlah tersebut bisa Ibu dapatkan dari dua gelas susu.

Terakhir, susu untuk Ibu menyusui dilengkapi dengan ektsrak daun katuk yang berkhasiat untuk memperlancar produksi ASI. Daun katuk mengandung laktagagum, steroid dan polifenol yang bisa memicu kadar prolaktin dalam tubuh. Prolaktin merupakan hormon yang berperan penting dalam pembuatan ASI dalam tubuh Ibu. Karenanya, Ibu yang minum susu dengan kandungan ekstrak daun katuk bisa lancar memberikan si Kecil ASI kapanpun ia mau.

 

Sumber:

Jill Stovsky. 2015. Baby Center. How Much Calcium Do Nursing Moms Need? https://www.babycenter.com/404_how-much-calcium-do-nursing-moms-need_2067.bc

Philippa Pearson-Glaze. 2014. Breastfeeding Support. Vitamin B6 and Breastfeeding. http://breastfeeding.support/vitamin-b6-breastfeeding/

 

CVM: 679/10/2017 

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+