Trimester pertama merupakan masa yang penting bagi Mama hamil. Pasalnya ketika awal mula kehamilan, yakni pada dua minggu pertama saat sel sperma bertemu dengan sel telur, janin yang masih berupa bola kecil mungil mulai memiliki ratusan sel yang terus-menerus bertambah.

Di usia tiga minggu kehamilan, sejumlah sel yang membelah akan membentuk plasenta dan memproduksi hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) yang berfungsi untuk menghentikan pengeluaran sel telur oleh rahim. Tak hanya itu, tubuh Mama juga akan memproduksi lebih banyak hormon estrogen dan progestron yang mendukung pertumbuhan plasenta si Kecil. Pada usia ini pula, cairan ketuban yang melindungi si Kecil dalam beberapa bulan ke depan mulai berkumpul di sekitar janin.

Memasuki usia empat minggu, besar janin Mama akan seukuran biji opium. Janin akan terdiri dari dua lapisan pembentuk organ tubuh, yaitu epiblast dan hypoblast. Tak hanya janin, plasenta yang terdiri dari dua lapisan juga mulai membuat jalur di dinding rahim Mama. Dengan begitu, darah dan asupan nutrisi kelak bisa sampai ke si Kecil.

Pada usia kehamilan lima minggu, lapisan embrio akan bertambah menjadi tiga lapisan (ektoderm, mesoderm dan endoderm). Ketiga lapisan tersebut akan membentuk jaringan dan organ tubuh. Lapisan ectoderm nantinya akan membentuk organ-organ tabung saraf, seperti otak, sumsum tulang belakang, dan tulang punggung. Lapisan tengah atau mesoderm akan mulai membentuk jantung dan sistem sirkulasi darah. Sementara lapisan endoderm merupakan lapisan terakhir tempat di mana paru-paru, usus, hati, dan pankreas akan terbentuk. Pada usia ini, plasenta dan tali pusat sudah mulai berfungsi untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi penting dari tubuh Mama ke janin.

Pada usia kehamilan enam hingga delapan minggu, pertumbuhan janin Mama akan berkembang dengan sangat cepat. Janin yang mulanya berukuran sebesar biji lentil akan bertambah besar hingga seukuran kacang merah sampai akhir minggu kedelapan. Di minggu keenam, kepala, lengan tangan dan kaki janin yang mulai terbentuk ditandai dengan munculnya tonjolan-tonjolan kecil dan nantinya akan muncul mata dan jari jemari di akhir minggu kedelapan. Mama ingin tahu salah satu fakta menarik? Pada usia enam minggu ini jantung janin akan berdetak dua kali lebih kencang daripada detak jantung Mama sendiri.

Jantung janin akan selesai terbagi menjadi empat bagian di minggu kesembilan kehamilan. Dengan terbentuknya empat bilik jantung tersebut, katup-katup jantung pun mulai tumbuh. Di usia kandungan ini mata janin sudah memiliki kelopak namun masih tetap tertutup. Pada usia sepuluh minggu, organ-organ vital seperti ginjal, usus, otak dan hati sudah mulai berfungsi.

Usia kehamilan sebelas hingga dua belas minggu, fisiologi janin sudah semakin sempurna. Saat ukurannya sudah sebesar jeruk nipis, kemampuan refleks janin juga sudah muncul. Bayi Mama bisa menggerakkan jari-jari tangannya dengan gerakan membuka dan menutup.

Agar perkembangan janin tiap minggunya berjalan lancar tanpa komplikasi, Mama perlu memperhatikan kandungan nutrisi yang dibutuhkan sepanjang kehamilan. Rutinlah mengonsumsi sayur, buah-buahan, daging dan kacang-kacangan untuk mendapat gizi penting, di antaranya protein, vitamin, asam folat, kalsium dan zat besi.

 

 

Sumber:

Baby Center. Pregnancy Week by Week. https://www.babycenter.com/pregnancy-week-by-week

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+