Pengalaman Ibu pada kehamilan pertama bisa menjadi patokan dalam menjalani kehamilan berikutnya. Ibu akan lebih mudah mengatasi mual, kembung, kontraksi palsu atau mengeluarkan flek. Banyak hal yang sudah Ibu tau dalam proses kehamilan. Saat Ibu merencanakan kehamilan berikutnya, Ibu tetap perlu mempersiapkan fisik sesehat mungkin supaya kelak janin dapat tumbuh dengan baik.

Perencanaan kehamilan seharusnya menjadi pengingat untuk Ibu supaya selalu mengetahui kondisi fisik. Lebih peka apakah ada tanda-tanda kehamilan dan melakukan konsultasi dengan dokter secara rutin untuk memastikan kondisi fisik Ibu. Mengapa? Banyak Ibu yang baru menyadari kehamilan di usia kandungan 3-4 minggu. Masa awal kehamilan adalah masa di mana terbentuknya organ janin. Pada masa ini sangat diperlukan asupan asam folat karena berperan dalam proses pembentukan organ janin. Oleh karena itu, Ibu perlu mengetahui kondisi fisik Ibu dan memenuhi kebutuhan asam folat sejak masa perencanaan kehamilan.

Kesehatan fisik Ibu sangat penting dalam mempersiapkan kehamilan. Apa saja poinnya?

  1. Ibu perlu perhatikan kesehatan gusi. Penyakit gusi berdampak pada kelahiran prematur dengan berat badan rendah. Segera berobat ke dokter apabila Ibu mengalami penyakit gusi.
  2. Berhenti merokok dan minum alkohol. Meskipun Ibu sudah dalam kondisi hamil, merokok dan minum alkohol sangat tidak baik untuk perkembangan janin. Rokok dan alkohol juga berdampak pada kesulitan untuk hamil.
  3. Persiapkan fisik Ibu dengan menjaga pola makan. Pastikan makanan Ibu bernutrisi tinggi. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan kaya serat. Roti gandum juga bisa menjadi pilihan cemilan Ibu. Selain itu, kurangi konsumsi makanan cepat saji.
  4. Lengkapi kebutuhan nutrisi seimbang dengan susu. Susu mengandung protein tinggi dan protein kalsium dan sangat baik untuk Ibu.
  5. Apabila Ibu penikmat setia kopi, atau minuman mengandung kafein lainnya, sebaiknya Ibu membatasi konsumsi kafein dan menggantinya dengan susu.
  6. Lengkapi dengan vitamin kehamilan. Untuk menghindari kelahiran cacat dan mendukung tumbuh kembang janin, Ibu memerlukan vitamin asam folat.

 

Sumber:

Blössner, Monika dan Mercedes de Onis. 2005. Malnutrition : Quantifying The Health Impact at National and Local Levels.

Ministry of Health. 2006. Food and Nutrition Guidelines for Healthy Pregnant and Breastfeeding Women: A background paper.

Rainey, Jennifer. 2015. Your Pregnancy Checklist. www.webmd.com. Diakses pada 24 Agustus 2016.

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+