Membeli perlengkapan untuk kebutuhan si Kecil kelak memang menjadi kegiatan yang menyenangkan di masa awal kehamilan. Namun, sebelum melakukan kegiatan tersebut apakah Mama telah mempersiapkan dengan matang beberapa hal yang harus dihadapi selama sembilan bulan ke depan?

Jika belum, sebaiknya Mama memperhatikan beberapa persiapan penting di masa awal kehamilan berikut ini agar kesehatan Mama dan janin tetap terjaga hingga proses persalinan tiba.

Memilih dokter kandungan atau bidan yang tepat

Agar kesehatan Mama dan janin tetap terjaga hingga proses persalinan tiba, Mama sebaiknya memeriksa kesehatan kandungan Mama secara berkala di rumah sakit terdekat. Mama juga dapat berkonsultasi dengan dokter atau bidan perihal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat masa kehamilan. Untuk itu, memilih dokter kandungan atau bidan yang sesuai dengan pilihan Mama dan Papa bisa jadi salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan sejak awal kehamilan.

Konsumsi camilan sehat

Masa kehamilan adalah masa di mana Mama butuh lebih banyak nutrisi untuk kesehatan janin. Mama sebaiknya mengonsumsi camilan sehat, di antaranya buah-buahan, kacang-kacangan, roti gandum, yoghurt atau salad. Sementara itu, tahan keinginan Mama untuk mengonsumsi makanan mentah seperti sashimi, steak, atau telur setengah matang hingga si Kecil lahir. Konsumsi kopi dan minuman yang mengandung kafein juga sebaiknya dibatasi.

Mencegah aktivitas yang membahayakan kehamilan

Jika bekerja, pastikan rutinitas Mama tidak membahayakan kesehatan dan keselamatan si Kecil yang berada dalam kandungan. Jika Mama ingin membersihkan dan merapikan rumah, perhatikan jenis produk pembersih yang dipakai. Usahakan agar Mama tidak terpapar kandungan zat kimia berbahaya karena dapat menimbulkan risiko cacat saraf pada bayi. Contoh kandungan zat kimia yang membahayakan kehamilan antara lain berupa merkuri atau timbal.

 

 

Sumber:

  1. Indiarti, M.T. 2012. Panduan Klinis Paling Komplit Kehamilan, Persalinan & Perawatan Bayi. Yogyakarta: Pelangi Indonesia.
  2. BabyCenter Medical Advisory Board. 2016. The Ultimate Pregnancy To-Do List: First Trimester. https://www.babycenter.com/0_the-ultimate-pregnancy-to-do-list-first-trimester_10341205.bc 
Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+