Ibu tentunya tidak asing dengan operasi caesar, di mana proses pengeluaran janin tidak melalui vagina, tetapi dengan bedah pada rahim. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dokter memutuskan persalinan caesar, seperti sudah pernah operasi caesar sebelumnya, adanya kelainan rahim, kelainan posisi janin, memiliki penyakit tertentu atau Ibu yang memilih melahirkan caesar.

Persiapan Melahirkan Caesar

Apabila sudah ada perencanaan melahirkan caesar, Ibu perlu melakukan persiapan berikut:

  1. Sebelum tanggal kelahiran janin tiba, persiapkan diri Ibu, fisik dan mental. Hindari stres dan selalu tanamkan pikiran positif bahwa proses caesar nantinya akan berjalan lancar. Perbanyak lakukan hal-hal yang Ibu sukai supaya Ibu merasa nyaman.
  2. Perbanyak pengetahuan tentang melahirkan caesar. Ibu bisa mencari tau arah sayatan atan jenis jahitan apa saja yang dipilih saat melahirkan. Dengan begitu, Ibu akan memiliki bayangan bagaimana proses caesar akan berjalan.
  3. Menjaga komunikasi dengan dokter kandungan. Ungkapkan keluh kesah dan jangan ragu untuk bertanya atau berkonsultasi pada dokter Ibu. Pastikan Ibu mengikuti saran-saran yang dokter berikan supaya persalinan lancar.
  4. Mempersiapkan perlengkapan yang akan dibawa ke rumah sakit. Perlengkapan yang dimaksud, seperti baju ganti yang mudah untuk menyusui, gurita untuk bayi dan pembalut. Saat persiapan ini Ibu bisa meminta bantuan Ayah atau keluarga lainnya supaya Ibu memiliki banyak waktu untuk beristirahat.

Tips Pemulihan Pasca Melahirkan Caesar

Setelah mempersiapkan dan proses melahirkan caesar berjalan lancar, apa saja yang harus Ibu lakukan?

  • Melakukan aktivitas fisik yang tidak berpengaruh pada jahitan Ibu karena jahitan di dalam perut belum kering.
  • Istirahat yang cukup selama masa pemulihan.
  • Hindari minuman bersoda dan makanan yang menyebabkan terjadinya penumpukan gas dalam perut dan mengakibatkan sembelit.
  • Tidak menggaruk bekas luka karena menyebabkan infeksi.

 

Sumber:
Louis, Hedwige Saint. 2016. Cesarean Delivery. http://emedicine.medscape.com/article/263424-overview (Diakses pada 11 Oktober 2016)
Yentis, SM, Lucas DN dan Borra PJ. 1999. Epidural Top-up Solutions for Emergency Caesarean Section: A Comparison of Preparation Times.

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+