Pentingnya manfaat ASI untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang membuat setiap Ibu menginginkan proses menyusui agar berjalan lancar. Namun, acapkali muncul hambatan seperti ASI yang keluar tidak lancar.

ASI yang tidak lancar dapat disebabkan oleh beragam faktor, salah satunya karena munculnya perasaan cemas dan stres yang berlebih sehingga berdampak pada produksi ASI. Untuk membantu membuat Ibu tetap merasa tenang, nyaman dan tidak stres di masa menyusui, Ibu bisa melakukan pijat laktasi. Pijat lakstasi memicu produksi hormon oksitoksin, hormon yang berperan penting dalam proses pengeluaran ASI.

Pemijatan yang dilakukan secara lembut di bagian payudara, lalu dilanjutkan pada bagian tengkuk, punggung, bahu dan pinggang ini bisa memberi dampak positif pada kondisi fisik dan pikiran Ibu. Otot-otot tubuh Ibu menjadi lebih rileks, sirkulasi darah semakin lancar dan pikiran menjadi tenang sehingga memicu produksi hormon oksitoksin yang lebih banyak.

Teknik pemijatan laktasi pada dasarnya sangat sederhana. Ibu bisa melakukan sendiri pijat laktasi di rumah. Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Ibu sebaiknya melakukan pijat laktasi dengan bantuan bidan atau keluarga. Sebelum memulai pijat laktasi, Ibu perlu menyiapkan lap lembut, kain kasa, baby oil, sebaskom air hangat dan sebaskom air dingin.

Cara Melakukan Pijat Laktasi

  1. Untuk mengawali pijat laktasi, Ibu perlu mengompres kedua payudara dengan lap yang direndam air panas.
  2. Basahi kain kasa dengan baby oil, lalu usap di sekujur puting untuk membersihkan area puting yang kotor.
  3. Pijat puting dan areola (daerah kemerahan di sekitar puting) ke arah atas, bawah, kanan dan kiri sebanyak 5-6 kali
  4. Topang payudara kiri menggunakan tangan kiri, urut payudara dari pangkal ke arah puting menggunakan tangan kanan. Lakukan bergantian dengan payudara kanan.
  5. Bersihkan kedua payudara dengan air hangat lalu kompres menggunakan lap yang direndam air dingin.
  6. Lanjutkan dengan pijatan lembut di bagian kepala, leher, bahu dan punggung

Selain dilakukan untuk mengatasi masalah menyusui seperti payudara yang bengkak dan keluarnya ASI yang tidak lancar, Ibu juga bisa melakukan pijat laktasi sebelum si Kecil lahir, yaitu pada usia lima bulan kehamilan. Pijat yang dilakukan di masa kehamilan ini bertujuan agar sistem pada payudara Ibu lebih siap untuk proses menyusui si Kecil kelak.

 

Sumber:

Baby Center. 2011. Benefit of Postnatal Massage. https://www.babycenter.in/a1047929/benefits-of-postnatal-massage

Baby Center India Medical Advisory Board. 2017. How Breasts Produce Milk in Pregnancy and Beyond. https://www.babycenter.in/a8785/how-breasts-produce-milk-in-pregnancy-and-beyond

 

CVM: 679/10/2017 

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+