Tidur nyenyak di malam hari adalah suatu kebutuhan yang sangat diperlukan semua orang, terlebih bagi Ibu yang sedang hamil si Kecil. Tidak jarang Ibu yang sedang menjalani masa kehamilan trimester tiga sering mengalami susah tidur.

Susah tidur di masa kehamilan trimester tiga bisa dipicu oleh banyak faktor. Salah satunya adalah karena semakin bertambah besarnya janin yang turut membuat perut Ibu semakin berat. Tidur dengan posisi telentang tidak lagi membuat Ibu nyaman karena beratnya perut akan menekan pembuluh darah aorta dan vena yang terletak di bagian belakang perut, sehingga mengganggu proses sirkulasi darah di tubuh Ibu. Kesusahan mencari posisi tidur yang nyaman bisa Ibu atasi dengan cara berikut ini.

  1. Tidur dengan bertumpu pada salah satu sisi tubuh

Tidur dengan tubuh menghadap ke satu sisi adalah salah satu posisi tidur yang paling baik untuk Ibu di trimester ketiga ini. Dengan tubuh yang menyamping menghadap salah satu sisi, pembuluh darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh dan juga ke janin tidak akan terhambat. Selain itu, tidur menyamping khususnya pada sisi sebelah kiri disarankan bagi Ibu hamil karena posisi tersebut tidak membuat organ hati terbebani oleh berat janin.

  1. Tidur dengan tumpuan bantal di belakang perut dan lutut

Ibu bisa menaruh bantal ekstra di sisi belakang tubuh, khususnya pada bagian belakang perut dan lutut untuk menjaga tubuh agar tidak terguling dan tetap menghadap ke samping sepanjang malam. Ibu bisa gunakan bantal atau guling ekstra yang ada di rumah atau membeli bantal guling khusus untuk hamil.

  1. Tidur dengan tumpukan bantal ekstra di bagian kepala

Di masa kehamilan trimester ketiga ini Ibu tidak lepas dari risiko gangguan perut yang terkadang terasa mulas. Untuk mencegah gas asam mengalir naik dari perut dan membuat Ibu mulas, taruh beberapa buah bantal di bawah kepala Ibu sehingga posisi kepala lebih tinggi dari dada, perut, dan esofagus.

Selain karena bertambah berat dan besarnya tekanan dari perut, Ibu juga bisa mengalami susah tidur akibat kaki yang pegal-pegal dan kesemutan. Jika Ibu mengalami ini, atasi dengan cara merendam kaki Ibu dalam baskom berisi air hangat atau air dingin dan cegah dengan berolahraga rutin.

 

Sumber:

Heidi Murkoff, Sharon Mazel. What To Expect When You’re Expecting. Sleeping Position. New York: Workman Publishing, 2008. Page 246-248.

O’Brien, Louise M.  and Warland, Jane. Typical Sleep Positions in Pregnant Woman. HHS Public Access.  2014; 90(6): 315-317.

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+