Sayuran dan buah seperti seledri, jambu merah dan kemangi terbukti meningkatkan kesuburan

Seperti banyak diinformasikan, bahwa Ibu dan Ayah yang sedang menjalani program hamil, harus menjaga pola makan mereka. Perbanyak sayuran dan buah serta kurangi makanan yang kurang bergizi seperti junk food atau makanan yang berlemak tinggi.

Tapi sayuran dan buah yang bagaimana yang dapat mendongkrak kesuburan pada tubuh Ibu dan Ayah? Berikut ini daftarnya:

1. Pegagan

Pegagan merupakan tanaman merambat yang sering dimakan sebagai lalapan segar. Dalam Pegagan, terkandung  Madecocassosida yang dapat memacu produksi kolagen. Kolagen sendiri berperan besar pada regenerasi sel telur (ovum) dan sel sperma pada pria. Pegagan juga mengandung Karoten yang berfungsi menjaga mutu sperma dan sel telur  dengan melindungi mereka dari radikal bebas.

2. Wortel

Wortel mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, dan nutrisi anti kanker, fosfor, zat besi, kalium, natrium, magnesium, dan vitamin. Daun wortel juga mengandung  zat porphyrins yang dapat merangsang kelenjar pituitary dan meningkatkan hormon seks.

3. Jambu Biji Merah

Likopen pada jambu biji merah bersifat antioksidan dan dapat menyuburkan system reproduksi pria. Konsumsi jus jambu biji merah secara rutin juga dapat meningkatkan kesuburan pada sang Ayah.

4. Kemangi

Sayuran beraroma wangi ini mengandung Arginine yang memperkuat daya tahan hidup sperma, mencegah kemandulan, dan menurunkan gula darah. Daya tahan hidup sperma sangat penting untuk mendukung proses pembuahan sel telur, Sedangkan kandungan Boron pada sayuran ini berperan merangsang hormon Androgen dan Estrogen yang berperan besar pada system reproduksi wanita.

5. Seledri

Sayuran ini kaya akan vitamin A, B, dan C. Setiap 100 gram daun seledri segar terkandung 130 IU vitamin A dan 15 mg vitamin C yang dikenal sebagai antioksidan. Serangan radikal bebas terhadap dinding sperma dan sel telur dapat dihambat oleh kedua vitamin tersebut.

6. Daun Katuk

Pada Ibu menyusui, sayuran ini berkhasiat meningkatkan produksi ASI, tapi pada Ayah yang merencanakan kehamilan, daun Katuk berkhasiat meningkatkan mutu dan jumlah sperma, termasuk membangkitkan vitalitas seksual. Senyawa aktif fitokimia dalam daun ini akan merangsang pembentukan hormon seks pria, bahkan produksi sperma akan melaju pesat seiring dengan peningkatan kualitasnya.

7. Semangka

Vitamin C, betakaroten dan likopen dalam buah ini dipercaya dapat membantu menurunkan resiko kanker prostat. Pada kondisi kanker prostat, jumlah sperma akan terbatas, strukturnya tidak normal dan pergerakannya lamban. Ingin cegah kanker prostat? Ajak sang Ayah mengonsumsi buah Semangka secara rutin.  

Sumber: Tips Dahsyat dan Cara Alami Untuk Cepat Hamil, oleh Yovinka Mahanani.

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+