Demam pada si kecil memang bikin panik ya, Ma. Jangan khawatir dan jangan terburu-buru membawanya ke dokter, terutama jika panasnya masih di bawah 39 derajat celcius.

Sebelum dibawa ke dokter atau diberi paracetamol, lakukanlah skin to skin contact. Dimana Ibu meletakkan si kecil dalam pelukan Ibu tanpa pakaian dan tanpa selimut sehingga kulit Ibu dan si kecil akan saling bersentuhan. Bisa dalam posisi berbaring di dada Ibu, digendong, atau ketika si kecil tertidur, peluk dan ‘tempelkan’ sebanyak mungkin bagian kulit Ibu padanya.

Walau terlihat tidak mungkin, skin to skin contact ini memang terbukti cukup ampuh menurunkan panasnya. Secara otomatis, suhu panas dari tubuh si kecil akan ‘mencari’ permukaan lain yang lebih dingin, yakni kulit Ibu. Setelah panasnya terserap oleh Ibu, demamnya akan berangsur-angsung menghilang. Tenang Ma, permukaan kulit Ibu yang jauh lebih luas daripada si kecil akan mampu menyalurkan suhu panas ini ke seluruh tubuh sehingga Ibu tidak ikut demam.

Melalui kontak langsung dengan Ibu, suhu tubuh si kecil akan lebih stabil. Pun dengan detak jantungnya. Seketika, ia akan merasa lebih nyaman dan aman. Lakukan skin to skin contact sesering mungkin saat ia demam atau sedang rewel. Skin to skin contact ini juga jadi metode paling mudah untuk menenangkan si kecil, mulai dari baru lahir hingga ia berusia balita karena berdekatan dengan Ibu atau Ayah merupakan ‘habitat’ alami si kecil lho.  

Source:

www.mothering.com

www.greenparenthood.com

www.nbci.ca  

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+