Ketika memutuskan untuk menyusui si kecil dengan ASI, wajar bila ada kekhawatiran mengenai memproduksi cukup ASI untuk si kecil. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan produksi ASI mama kurang secara kuantitas untuk si kecil.

Konsumsi Pendukung Kuantitas ASI 

  • Daun Katuk

Daun katuk sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu makanan penunjang kuantiitas produksi ASI sejak lama. Namun sekarang ini cenderung sulit untuk mendapatkan daun katuk, dan rasanya yang pahit mungkin kurang menyenangkan untuk mama. Tetapi mama tetap bisa memperoleh manfaatnya melalui susu hamil yang kini telah diformulasikan dengan nutrisi lengkap.

  • Wortel

Wortel mengandung enzim phytoestrogen yang baik untuk produksi ASI. Wortel juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi.

  • Sayur-sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau mengandung banyak nutrisi yang baik untuk mama dalam masa menyusui seperti vitamin B6, zar besi, vitamin A, C, E, K, kalsium, dan lain lain.

  • Air putih

Meskipun tubuh mama memiliki regulasi air yang cukup baik, kebiasaan untuk mengkonsumsi air yang cukup akan membantu agar mama lebih nyaman dan produksi ASI lebih lancar karena menyusui akan mendorong produksi hormon oksitosin yang dapat membuat mama merasa haus.

 

Kebiasaan dan Jadwal Menyusui

Tubuh mama akan menyesuaikan produksi ASI sesuai dengan permintaan kebutuhannya.

  • Pada fase awal disarankan untuk mengeluarkan ASI sebanyak mungkin pada 2 minggu pertama untuk menstimulasi tubuh mama untuk memproduksi lebih banyak ASI.
  • Hindari melewatkan menyusui atau menjadwalkan dan membatasi pemberian ASI yang dapat mengacaukan persediaan ASI mama.

 

Pijat Payudara Untuk Memperlancar ASI

ASI yang tidak lancar belum tentu hanya darikuantitas produksi yang kurang mencukupi tetapi bisa karena ada yang perlu diperbaiki dalam penyalurannya. Pijat payudara merupakan solusi untuk permasalahan ini. Pijat payudara tujuannya adalah untuk membantu membuka saluran yang tersumbat, mengendurkan ketegangan di area-area yang mengeras, dan mengurangi risiko mastitis.

  

Source:

  • ABM. (2011). ABM Clinical Protocol #9: Use of Galactogogues in Initiating or Augmenting the Rate of Maternal Milk Secretion. The Academy of Breastfeeding Medicine Protocol Committee. Breastfeed Med.; 6:41-9
  • Perry R, Hunt K, Ernst E. (2011). Nutritional Supplements and Other Complementary Medicines for Infantile Colic: A Systematic Review. Pediatrics. 127:720-33.
Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+