Selamat ya, Ma, si Kecil sudah lahir dengan lancar dan sehat. Kini saatnya Ibu menjalani peran sebagai orang tua baru dan mulai merawat si Kecil dengan baik. Menjalani peran sebagai orang tua baru, meski tidak gampang, bisa dilakukan dengan seru. Ketahui tantangan-tantangan baru yang bisa Ibu dan Ayah alami sebagai orang tua. 

Rutinitas yang berbeda

Setelah si Kecil lahir, ada banyak hal baru yang menjadi rutinitas Ibu setiap harinya. Mulai dari bangun dini hari untuk menyusui si Kecil, mengganti popoknya yang basah, memandikan dan menyuapi si Kecil, hingga menyesuaikan waktu tidur sesuai dengan pola tidurnya. Ibu yang tadinya bekerja mungkin akan mengambil cuti untuk fokus merawat si Kecil di rumah.

Mengalami baby blues

Perubahan hormon yang kembali normal pasca kelahiran bisa memicu Ibu mengalami perubahan mood. Ibu bisa menjadi cemas, khawatir dan gelisah berlebihan. Kadang, Ibu merasa takut tidak dapat merawat si Kecil dengan baik sehingga membuat Ibu menjadi menangis. Kondisi ini biasa disebut dengan baby blues. Jika Ibu mengalami hal ini, lakukan kegiatan positif seperti banyak mengobrol dengan Ayah atau keluarga terdekat, melakukan hobi yang Ibu suka, atau dengan berolahraga. Tidur dan istirahat juga bisa jadi cara untuk mengatasi baby blues.

Mengenali arti tangisan si Kecil

Menjalani peran sebagai Ibu baru berarti belajar mengenali arti tangisan si Kecil sebagai satu-satunya cara untuknya berkomunikasi. Si Kecil yang menangis karena lapar biasanya akan merespon ketika Ibu mengusap jari ke mulutnya. JIka ia buang air, tangisan si Kecil mulanya pelan lalu semakin keras karena merasa semakin tidak nyaman dengan popoknya yang basah.

Sebagai Ibu yang selangkah lebih maju, menjalani tantangan demi tantangan dalam merawat si Kecil harus diikuti dengan asupan nutrisi seimbang agar Ibu tetap sehat dan si Kecil pun tumbuh dengan baik. Pastikan Ibu mengonsumsi sayuran, daging dan ikan, buah-buahan dan juga susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu, ya.

 

Sumber:

William Sears, MD. Parenting. The Top 10 Concerns of New Parents. http://www.parenting.com/article/the-top-10-concerns-of-new-parents

Nadia Mulya, Lactamil, Tips Mengenali Tangisan Bayi http://lactamil.co.id/artikel/tips-mengenali-tangisan-bayi

Baby Center Medical Advisory Board. Top 10 Surprises of New Parenthood. https://www.babycenter.com/0_top-10-surprises-of-new-parenthood_3656981.bc?showAll=true

 

CVM: 680/10/2017

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+