Tidak sedikit Ibu yang memilih tetap aktif berkarir setelah melahirkan. Setiap pagi Ibu menyiapkan semua kebutuhan keluarga, hingga waktunya Ibu pergi ke kantor. Setelah aktivitas di kantor selesai, Ibu pulang ke rumah, kembali menyiapkan makan malam dan berkumpul bersama keluarga. Rutinitas seperti itu Ibu lakukan setiap hari dan tentunya Ibu membutuhkan kondisi tubuh yang fit supaya aktivitas Ibu berjalan lancar.

Bagaimana cara tetap fit untuk Ibu yang aktif berkarir?

  • Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Kebugaran tubuh sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Makanan bernutrisi tinggi akan mendukung daya tahan tubuh dan stamina. Ibu perlu mengonsumsi makanan kaya protein dan karbohidrat karena kedua zat tersebut adalah sumber energi yang baik untuk tubuh. Makanan yang mengandung protein tinggi adalah daging tanpa lemak, ayam, ikan laut dan telur. Apabila Ibu penikmat setia kacang-kacangan, Ibu patut berbahagia karena kacang-kacangan juga sumber protein yang baik. Pastikan makanan tersebut ada di setiap menu makan Ibu.

  • Pilih Camilan Sehat dengan Nutrisi Seimbang

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi, pilih roti gandum utuh dan sereal sebagai menu camilan Ibu. Sayur-sayuran dan buah-buahan juga penting sebagai sumber serat yang baik. Ketika kebutuhan nutrisi sudah terpenuhi, jangan lupakan sumber mineral, seperti air putih dan susu yang penting untuk melancarkan peredaran darah serta memudahkan tubuh menyerap nutrisi yang ada. Kurangi minuman bersoda, minuman buah instan dan minuman berenergi karena banyak mengandung gula dan kafein. Sebaiknya hindari/batasi kopi, ganti dengan susu untuk ibu menyusui.

Dengan mengkonsumsi makanan dan camilan sehat tersebut kondisi fisik Ibu akan tetap fit dan Ibu juga perlu melakukan olahraga favorit Ibu di akhir pekan, atau seminggu dua kali. Olahraga bisa membantu Ibu menghilangkan stres dan pikiran-pikiran negatif. Ibu bisa ajak keluarga atau teman untuk berolahraga bersama. Dengan begitu Ibu akan selalu aktif menjalani aktivitas Ibu di rumah dan di kantor.

 

 

Sumber:

Blössner, Monika dan Mercedes de Onis. 2005. Malnutrition : Quantifying The Health Impact at National and Local Levels.

Ministry of Health. 2006. Food and Nutrition Guidelines for Healthy Pregnant and Breastfeeding Women: A background paper.

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+