Ibu menyusui biasanya membutuhkan tambahan 400 hingga 500 kalori per harinya untuk menjaga Ibu tetap bertenaga. Selain itu, Ibu juga perlu mengatur pola dan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Beberapa jenis makanan dapat memperlancar ASI dan memberi tenaga lebih kepada Ibu. Bagi Ibu yang sudah memulai aktivitas bekerja setelah melahirkan tentu khawatir dengan kecukupan nutrisinya. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu Ibu mencukupi kebutuhan nutrisi Ibu selama menyusui.

Yoghurt

Yoghurt membantu usus dalam mencerna makanan dan melancarkan BAB sehingga racun yang ada di dalam usus akan terbuang bersama BAB tersebut. Yoghurt bermanfaat untuk tulang ibu dan juga tulang bayi. Hal itu dikarenakan yoghurt banyak mengandung kalsium.

Daging Sapi

Daging sapi juga baik dikonsumsi oleh ibu yang menyusui karena daging sapi kaya akan manfaat zat besi. Ibu yang menyusui dan memiliki bayi rentan untuk terkena anemia. Jika ibu terkena anemia, ibu akan mudah lelah dan mudah stres. Saat stres produksi ASI ibu akan menurun sehingga bayi tidak mendapatkan cukup ASI.

Sereal

Sereal mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses di dalam tubuh. Oleh karena itu sereal baik untuk pencernaan dan juga kandungan yang ada memberikan energi lebih bagi Ibu yang menyusui.

Daun Katuk

Daun katuk telah terbukti secara ilmiah dapat merangsang pembentukan air susu sehingga air susu yang diproduksi melimpah. Daun katuk mengandung senyawa steroid dan polifenol sehingga membantu pembentukan air susu serta memiliki kandungan vitamin dan mineral.

Susu

Susu juga kaya akan protein, asam folat dan juga vitamin D. Ketika menyusui jangan lupa untuk mengkonsumsi susu setiap harinya sebab susu akan membantu tumbuh dan kembang si kecil. Kecukupan nutrisi untuk pertumbuhan tulang si kecil pun akan terpenuhi dengan mengkonsumsi susu. Saat menyusui, kandungan kalsium pada tulang Ibu akan semakin menipis dan mengakibatkan rasa nyeri pada tulang. Hal itu menandakan telah ada penipisan tulang dan juga kalsium pada tubuh ibu. Minum susu secara rutin dapat mencukupi nutrisi harian Ibu dan mencegah osteoporosis ataupun tulang rapuh.

Air Putih

Ada baiknya Ibu meminum segelas air putih sebelum menyusui. Saat menyusui, tubuh akan mudah lelah karena terus melakukan produksi air susu. Air putih dapat membuat tubuh Ibu merasa segar kembali dan menambah tingkat oksigen dalam tubuh.

Selain itu Ibu perlu istirahat yang cukup dan menjauhi pikiran dari stres. Kelelahan dan stres dapat menyulitkan Ibu untuk produksi ASI sehingga air susu sulit keluar.

Source :

  • Sa'roni Sa'roni, Tonny Sadjiman, Mochammad Sja'bani, Zulaela Zulaela. 2004. Effectiveness Of The Sauropus Androgynus (L.) Merr Leaf Extract In Increasing Mother's Breast Milk Production. (14:3). From http://ejournal.litbang.depkes.go.id/ cited June 2016
  • Mayo Clinic. Breastfeeding Nutrition : Tips For Moms. Cited June 2016 from http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/breastfeeding-nutrition/art-20046912?pg=1
Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+