Mengandung selama sembilan bulan lamanya bukanlah sesuatu yang mudah. Mama membutuhkan tenaga dan perhatian ekstra untuk menjaga agar jangan sampai kesehatan turun dan mengganggu kelancaran pertumbuhan janin. Dengan tanggung jawab yang demikian besar, tak jarang Mama menjadi stres bahkan depresi karena terlalu lelah merawat diri sendiri dan janin. Namun, Mama tidak perlu khawatir. Lactamil punya sejumlah tips yang dapat Mama jalani untuk mencegah datangnya stres.

  1. Perbanyak istirahat dan waktu berduaan dengan janin

Tubuh Mama yang sedang hamil bekerja lebih keras demi kelancaran proses perkembangan janin. Agar Mama tidak kehilangan banyak energi dan kerap kelelahan selama proses itu berlangsung, istirahat menjadi hal penting yang perlu dipenuhi. Mama yang kurang istirahat bisa memicu stres. Saat istirahat, Mama bisa mengajak janin mengobrol dan bercanda. Selain bermanfaat untuk merangsang organ sensoriknya, mengobrol dengan janin juga dapat meningkatkan mood Mama. Mama pun bisa terhindar dari rasa stres.

  1. Makan makanan bernutrisi

Mencegah stres juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Mama bisa mencoba mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3, vitamin dan juga mineral seperti yang terdapat dalam ikan salmon, tuna, telur, sayuran dan buah-buahan agar mood Mama selalu baik. Kandungan asam amino triptofan juga diketahui dapat meningkatkan melatonin dan serotonin, hormon penting yang mengatur kualitas tidur dan mengontrol mood seseorang. Mama bisa mendapatkan asupan triptofan dengan mengonsumsi susu rendah lemak atau yoghurt, biji bunga matahari, kacang almond dan mete.

  1. Rutin berolahraga

Berolahraga secara rutin juga dapat membantu Mama bebas dari stres. Mama bisa coba lakukan olahraga yang cocok dilakukan pada saat hamil, seperti berenang dan yoga. Berenang adalah olahraga ideal bagi Mama hamil. Gerakan tubuh yang dilakukan di dalam air tidak menaruh Mama pada risiko pegal atau jatuh, karena gaya angkat air membantu meminimalkan tekanan pada persendian tubuh dan membantu menjaga keseimbangan Mama.

  1. Sharing kecemasan Mama

Mengobrol dengan orang-orang terdekat yang Mama bisa jadi salah satu cara ampuh untuk menekan risiko stres dan depresi selama kehamilan. Utarakan hal-hal yang meresahkan Mama. Bicarakan kecemasan Mama selama menjalani kehamilan dan dengarkan saran terbaik yang bisa Mama dapatkan dari Papa, keluarga atau dokter kandungan Mama. Sementara itu, jauhkan diri Mama dari informasi atau cerita tentang kehamilan yang negatif karena dapat membuat Mama khawatir berlebihan dan berujung pada stres.

 

Sumber:

  1. BabyCentre Medical Advisory Board. Juli 2014. 10 Ways to Survive Stress in Pregnancy. https://www.babycentre.co.uk/a552044/10-ways-to-survive-stress-in-pregnancy
  2. Peggy Pletcher, MS, RD, LD, CDE. April 28, 2015. Healthline. 7 Foods that Could Boost Your Serotonin: Serotonin Diet. http://www.healthline.com/health/healthy-sleep/foods-that-could-boost-your-serotonin#overview1
  3. BabyCentre Medical Advisory Board. Managing Stress and Anxiety during Pregnancy. https://www.babycenter.com/0_managing-stress-and-anxiety-during-pregnancy_1683.bc
Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+