Mengandung selama sembilan bulan lamanya bukanlah sesuatu yang mudah. Ibu membutuhkan tenaga dan perhatian ekstra untuk menjaga agar jangan sampai kesehatan turun dan mengganggu kelancaran pertumbuhan janin. Dengan tanggung jawab yang demikian besar, tak jarang Ibu menjadi stres bahkan depresi karena terlalu lelah merawat diri sendiri dan janin. Namun, Ibu tidak perlu khawatir. Lactamil punya sejumlah tips yang dapat Ibu jalani untuk mencegah datangnya stres.

  1. Perbanyak istirahat dan waktu berduaan dengan janin

Tubuh Ibu yang sedang hamil bekerja lebih keras demi kelancaran proses perkembangan janin. Agar Ibu tidak kehilangan banyak energi dan kerap kelelahan selama proses itu berlangsung, istirahat menjadi hal penting yang perlu dipenuhi. Ibu yang kurang istirahat bisa memicu stres. Saat istirahat, Ibu bisa mengajak janin mengobrol dan bercanda. Selain bermanfaat untuk merangsang organ sensoriknya, mengobrol dengan janin juga dapat meningkatkan mood Ibu. Ibu pun bisa terhindar dari rasa stres.

  1. Makan makanan bernutrisi

Mencegah stres juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Ibu bisa mencoba mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3, vitamin dan juga mineral seperti yang terdapat dalam ikan salmon, tuna, telur, sayuran dan buah-buahan agar mood Ibu selalu baik. Kandungan asam amino triptofan juga diketahui dapat meningkatkan melatonin dan serotonin, hormon penting yang mengatur kualitas tidur dan mengontrol mood seseorang. Ibu bisa mendapatkan asupan triptofan dengan mengonsumsi susu rendah lemak atau yoghurt, biji bunga matahari, kacang almond dan mete.

  1. Rutin berolahraga

Berolahraga secara rutin juga dapat membantu Ibu bebas dari stres. Ibu bisa coba lakukan olahraga yang cocok dilakukan pada saat hamil, seperti berenang dan yoga. Berenang adalah olahraga ideal bagi Ibu hamil. Gerakan tubuh yang dilakukan di dalam air tidak menaruh Ibu pada risiko pegal atau jatuh, karena gaya angkat air membantu meminimalkan tekanan pada persendian tubuh dan membantu menjaga keseimbangan Ibu.

  1. Sharing kecemasan Ibu

Mengobrol dengan orang-orang terdekat yang Ibu bisa jadi salah satu cara ampuh untuk menekan risiko stres dan depresi selama kehamilan. Utarakan hal-hal yang meresahkan Ibu. Bicarakan kecemasan Ibu selama menjalani kehamilan dan dengarkan saran terbaik yang bisa Ibu dapatkan dari Ayah, keluarga atau dokter kandungan Ibu. Sementara itu, jauhkan diri Ibu dari informasi atau cerita tentang kehamilan yang negatif karena dapat membuat Ibu khawatir berlebihan dan berujung pada stres.

 

Sumber:

  1. BabyCentre Medical Advisory Board. Juli 2014. 10 Ways to Survive Stress in Pregnancy. https://www.babycentre.co.uk/a552044/10-ways-to-survive-stress-in-pregnancy
  2. Peggy Pletcher, MS, RD, LD, CDE. April 28, 2015. Healthline. 7 Foods that Could Boost Your Serotonin: Serotonin Diet. http://www.healthline.com/health/healthy-sleep/foods-that-could-boost-your-serotonin#overview1
  3. BabyCentre Medical Advisory Board. Managing Stress and Anxiety during Pregnancy. https://www.babycenter.com/0_managing-stress-and-anxiety-during-pregnancy_1683.bc
Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+