Stres terdengar seperti suatu hal yang lazim terjadi, tetapi ternyata pengaruhnya besar pada kesehatan. Dokter dan bidan pasti menyarankan untuk tidak stres selama kehamilan karena stres bisa memicu penyakit pada tubuh Mama dan juga mempengaruhi tumbuh kembang janin. Berikut tips mengatasi stres di awal kehamilan:

 

  1. Ketahui penyebab stres

Sebagai pendamping Mama, Papa tentunya perlu mengetahui apa saja yang sedang Mama rasakan dan pikirkan. Banyak faktor, seperti gelisah memikirkan kondisi janin, mual dan muntah terus menerus, memikirkan pekerjaan rumah biasanya menjadi penyebab Mama merasakan stres. Dengan mengetahui penyebab stres, Papa bisa membantu meringankan beban pikiran Mama.

 

  1. Bantu ringankan beban pikiran Mama

Setelah mengetahui penyebab Mama stres, mulailah membantu Mama untuk meringankan beban pikirannya. Biarkan Mama beristirahat dan Papa bisa menggantikan tugas Mama, seperti bersih-bersih rumah, mencuci baju dan menyiapkan makan pagi hingga makan malam. Ketika Mama terlihat stres, temanilah dan tanyakan apa yang sedang Mama rasakan. Saat-saat inilah Papa perlu menjadi pendengar dan yakinkan Mama bahwa Papa akan selalu mendukungnya.

 

  1. Olahraga bersama Mama

Percayakah Papa bahwa olahraga berperan menghilangkan stres? Papa tidak perlu khawatir karena olahraga aman untuk Mama hamil trimester pertama. Cobalah berjalan santai atau berenang bersama Mama. Olahraga dapat meningkatkan hormon serotonin, sehingga Mama akan merasakan bahagia dan jauh dari kecemasan.

 

  1. Pastikan Mama mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang

Makan adalah kunci utama dari kesehatan fisik maupun psikologis Mama hamil. Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam makanan berperan dalam meningkatkan mood positif. Pastikan Mama mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3, vitamin dan mineral. Omega 3 mudah didapat dari ikan laut, seperti salmon, tuna dan sarden. Nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan Mama adalah asam folat, vitamin D, zat besi dan kalsium. Mama bisa mendapatkannya dari susu yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan air putih untuk Mama supaya tidak dehidrasi karena dehidrasi bisa memicu stres.

 

 

Sumber:

Ministry of Health. 2006. Food and Nutrition Guidelines for Healthy Pregnant and Breastfeeding Women: A background paper.

O’Leary, Joann. 2015. Fathers/Partners: Psychological Adjustment During Pregnancy. http://infantcrier.mi-aimh.org/fatherspartners-psychological-adjustment-during-pregnancy. (Diakses pada 17 Oktober 2016)

BabyCenter. 2014. 10 ways to survive stress in pregnancy. http://www.babycentre.co.uk/a552044/10-ways-to-survive-stress-in-pregnancy. (Diakses pada 19 Oktober 2016)

 

461/12/2016

Yuk Mama, Share artikel ini ke :
Facebook Twitter Google+